Dark/Light Mode

Rencana Operasi Matang

Bandara Soekarno-Hatta Sukses Layani 54 Penerbangan VVIP KTT ASEAN

Minggu, 10 September 2023 17:56 WIB
Airport Command Center di Bandara Soekarno-Hatta. (Foto: Dok. AP II)
Airport Command Center di Bandara Soekarno-Hatta. (Foto: Dok. AP II)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bandara Soekarno-Hatta sukses melayani seluruh penerbangan VVIP untuk kepala negara dan delegasi KTT ke-43 ASEAN di Jakarta. Total, terdapat 54 pergerakan pesawat udara take off/landing dengan kategori VVIP sepanjang 3-8 September 2023.

President Director Angkasa Pura II (AP II) Muhammad Awaluddin mengatakan, seluruh penerbangan VVIP tersebut berjalan dengan lancar dan baik.

“Penerbangan kepala negara dan delegasi berjalan lancar dan baik berkat kolaborasi dari seluruh pihak, mulai dari AP II selaku operator bandara, pihak ground handling, AirNav Indonesia, serta didukung penuh oleh Kementerian Perhubungan, Kementerian Luar Negeri dan Kementerian BUMN. Kami sangat bersyukur Bandara Soekarno-Hatta dapat mendukung penyelenggaraan KTT ke-43 ASEAN,” ucapnya, dalam keterangan yang diterima RM.id, Minggu (10/9).

Muhammad Awaluddin melanjutkan, AP II juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat, penumpang pesawat, pengunjung bandara dan seluruh pihak atas dukungannya kepada Bandara Soekarno-Hatta dalam melayani penerbangan KTT ke-43 ASEAN.

Baca juga : Kolaborasi Petani Dengan Pabrik AQUA Sukses Atasi Masalah Pengairan Sawah

Dia menuturkan, penerbangan VVIP ini tidak berdampak banyak terhadap penerbangan reguler berjadwal. “Rencana operasi yang telah disiapkan AP II menjadi kunci sehingga seluruh penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta, baik penerbangan kenegaraan maupun penerbangan reguler, dapat beroperasi dengan lancar,” ujar Muhammad Awaluddin.

Kelancaran penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta ini didukung juga Kementerian Perhubungan yang melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara yang menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 8 Tahun 2023 tentang Pengaturan Operasional Penerbangan Selama Penyelenggaraan KTT ASEAN ke-43 Tahun 2023 di Jakarta.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara M Kristi Endah Murni menjelaskan, Surat Edaran tersebut bertujuan untuk memastikan pelaksanaan pengaturan penerbangan berjalan dengan aman dan terkendali.

"Kami telah memastikan kesiapan dan ketersedian sarana prasarana penerbangan terutama pada pemenuhan aspek keselamatan, keamanan, kelancaran dan keteraturan pelayanan penerbangan," ucapnya.

Baca juga : 7 Rekomendasi Jajanan Pasar Khas Jakarta Untuk Delegasi KTT ASEAN 2023

Director of Operation AP II Wendo Asrul Rose menuturkan, rencana operasi yang ditetapkan AP II mencakup pengaturan jalur pesawat saat berada di darat serta lokasi parkir pesawat dan lokasi pesawat menginap (Remain Over Night/RON).

“Seluruh sumber daya di Bandara Soekarno-Hatta mampu menjalankan rencana operasi dengan baik, didukung kolaborasi penuh seluruh pihak yang dilakukan melalui Airport Operation Control Center (AOCC) dan juga posko di Terminal 3,” ujarnya.

Untuk pesawat yang menginap, AP II menyiapkan 15 parking stand untuk mengakomodir 8 pesawat berbadan lebar (wide body) dan 7 pesawat berbadan sedang (narrow body). “Selain itu, AP II juga menyiapkan Bandara Kertajati sebagai lokasi menginap 1 unit pesawat,” jelas Wendo.

Di sisi lain, seluruh fasilitas sisi udara seperti runway, taxiway, dan apron dapat difungsikan secara optimal sehingga seluruh penerbangan VVIP dan penerbangan reguler dapat beroperasi dengan baik dan lancar. Wendo menambahkan tidak ada penutupan penerbangan reguler berjadwal di Bandara Soekarno-Hatta selama adanya penerbangan VVIP terkait KTT ke-43 ASEAN.

Baca juga : Tekan Polusi Udara Jakarta, Kantor Pusat PLN Pakai Mist Generator Buatan BRIN

“Penerbangan reguler tetap beroperasi melayani masyarakat. Pada 4-8 September saat ada penerbangan VVIP, utilisasi slot penerbangan reguler sama dengan kondisi normal yakni konsisten sekitar 900 penerbangan per hari, bahkan pada 8 September mencapai 952 penerbangan,” ujar Wendo.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.