Dark/Light Mode

Wujudkan UMKM Naik Kelas, Pertamina Boyong 71 UMKM Ke Pasar Senggol Turkiye 2023

Senin, 11 September 2023 15:16 WIB
Mitra binaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) PT Pertamina (Persero) hadir pada pameran Pasar Senggol Turkiye 2023, di Istanbul, Turki.
Mitra binaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) PT Pertamina (Persero) hadir pada pameran Pasar Senggol Turkiye 2023, di Istanbul, Turki.

 Sebelumnya 
Arum, pemilik Warteg Nuriye asal Brebes ini menilai positif kegiatan temu bisnis, sehingga dia dapat lebih mudah memperoleh pasokan bahan baku dari UMKM Tanah Air.

Arum mengapresiasi kunjungan dari UMKM Pertamina, serta BUMN lainnya.

Baca juga : Go Global, BNI Xpora Boyong 15 UMKM Di Hong Kong Food Expo 2023

“Biasanya selama ini saya memakai jastip (jasa titip). Senang sekali kali ini kebutuhan bahan baku bisa difasilitasi melalui kerja sama dengan UMKM Indonesia,” ujarnya.

Pada Pasar Senggol Turki, Pertamina membawa 71 produk UMKM unggulan yang sebagian besar berasal dari sektor kuliner antara lain bumbu rempah, rendang, aneka kerupuk, gula merah, abon, aneka kripik, kopi, mie, dan sambal.

Baca juga : Bantu UMKM Naik Kelas, Kemlu Gandeng Kemenkeu

Selain itu, pelaku produk fashion seperti batik dan kain tenun. Produk tersebut berasal dari kota-kota di Indonesia antara lain Bogor, Tangerang, Balikpapan, Palangkaraya, Kepulauan Meranti, Semarang, Situbondo, Payakumbuh dan Jakarta.

"Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dalam menghasilkan produk-produk berkualitas dan berdaya saing tinggi. Oleh karena itu, perlu adanya dukungan agar para pelaku UMKM semakin percaya diri dan tidak perlu ragu untuk memasuki pasar internasional," tambah Fadjar.

Baca juga : Meriahkan Hari UMKM Nasional Expo 2023, Pertamina Boyong 7 UMK Terbaik

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG’s).

Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.