Dark/Light Mode

BPJamsostek Jakarta Menara Berikan Perlindungan Bagi Para Petarung JBO

Senin, 11 September 2023 21:14 WIB
BPJamsostek memberikan perlindungan kepada para atlet. (Foto: Dok. BPJamsostek)
BPJamsostek memberikan perlindungan kepada para atlet. (Foto: Dok. BPJamsostek)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ajang tinju untuk pemula yang mempertemukan antar anggota komunitas bela diri Jakarta Boxing Open (JBO) kembali digelar tahun.

Seri ketiga ini berlangsung di Hallf Patiunus Jakarta Selatan pada Sabtu (9/9) dengan mengusung tema Inspiring the Next Generation.

Para atlet yang bertarung di pertandingan ini mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) apabila terjadi cedera.

Kepala Kantor BPJamsostek Cabang Jakarta Menara Jamsostek Mohamad Irfan mengatakan, sebagai badan penyelenggara jaminan sosial, BPJamsostek memberikan perlindungan kepada para atlet sesuai UU Nomor 11 Tahun 2022.

Baca juga : Kowarteg Ganjar Galakkan Hidup Sehat Bagi Warga Tangerang Dengan Senam Aerobik

Dalam aturan itu, jelas Irfan, mengamanahkan setiap pelaku maupun atlet berhak mendapatkan jaminan sosial sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

"Kami hadir di sini memberi perlindungan kepada para atlet atau petarung tinju yang terdaftar menjadi peserta di JBO seri ketiga," kata Irfan dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin (11/9).

Irfan menjelaskan, jika terjadi insiden akibat pertandingan ini maka atlet tersebut diberikan pelayanan pengobatan di rumah sakit yang bermitra dengan BPJamsostek.

Untuk biaya perawatan dan pengobatan tanpa batas sesuai dengan kebutuhan medis yang diperlukan untuk pengobatan akibat dari insiden itu.

Baca juga : Relawan Buruh Ganjar Beri Solusi Perlindungan Kerja Bagi Buruh

"Komitmen kami untuk memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan. Program ini adalah wujud nyata kami dalam mendukung para atlet untuk berprestasi dengan memberikan rasa aman, nyaman serta ketenangan pikiran selama berkompetisi," tuturnya.

Irfan menegaskan, pihaknya terus berupaya memperluas cakupan perlindungan program jaminan sosial ketenagakerjaan untuk seluruh pekerja, terutama saat ini untuk pekerja informal atau pekerja Bukan Penerima Upah (BPU).

Kali ini BPJamsostek menyasar perlindungan bagi ratusan atlet tinju.

Menurut Irfan, BPJamsostek mengambil langkah pendekatan khusus agar pekerja segmen informal akan dengan mudah memahami makna pentingnya jaminan sosial dan juga segera sadar untuk mendaftarkan dirinya menjadi peserta.

Baca juga : BPJamsostek Menara Serahkan Jaminan Sosial Pada Ratusan Atlet Pencak Silat

Saat ini BPJamsostek secara massif melakukan pendekatan kepada pekerja informal dengan kampanye 'Kerja Keras Bebas Cemas'.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.