Dark/Light Mode

Polusi Udara Jakarta Kembali Merah, Masuk 5 Besar Tertinggi Dunia

Rabu, 6 September 2023 10:01 WIB
Ilustrasi polusi udara di Jakarta. (Foto: RM.ID/M Ade Al Kautsar)
Ilustrasi polusi udara di Jakarta. (Foto: RM.ID/M Ade Al Kautsar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kualitas udara di Jakarta pagi ini, Rabu (6/9) dilaporkan kembali merah. Tuan rumah KTT ASEAN Ke-43 ini masuk dalam deretan 5 besar kota dengan polusi tertinggi di dunia.

Situs pemantau kualitas udara IQAir.com menempatkan Jakarta di urutan 4, kota dengan polusi tertinggi di dunia. Skor indeks kualitas udara berada di angka 159.

Baca juga : Transportasi Publik Cepat Dipermak Dong

Konsentrasi polutan PM2,5 di Jakarta mencapai 69,2 µg/m³. Polutan setinggi ini sama dengan 13,8 kali di atas pedoman kualitas udara tahunan yang dirilis oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Bagaimana dengan daerah tetangga di Jabodetabek?

Baca juga : Polusi Udara Menurun Saat KTT ASEAN, Jakarta Hilang Dari 10 Besar Kota Terparah

Depok, Jawa Barat dilaporkan masih terkontiminasi polusi udara yang cukup tinggi. Indeks kualitas udaranya masih di zona merah dengan skor 177. Itu artinya masih tidak sehat.

Di bawahnya adalah Tangerang Selatan (Tangsel), Banten. Kualitas udaranya juga masih merah, alias tidak sehat. IQAir memberi skor 177.

Baca juga : Tekan Polusi Udara Jakarta, Kantor Pusat PLN Pakai Mist Generator Buatan BRIN

Data kualitas udara ini terakhir diperbarui IQAir.com pukul 9 pagi WIB.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.