Dark/Light Mode

ICORE Jadi Produk Favorit Di Gelaran Nusantara Power Connect 2023

Rabu, 13 September 2023 11:30 WIB
ICORE Jadi Produk Favorit Di Gelaran Nusantara Power Connect 2023

RM.id  Rakyat Merdeka - Subholding unit pembangkit listrik terbesar di Asia Tenggara, PT PLN Nusantara Power memamerkan ICORE, teknologi tercanggihnya di bidang unit pembangkit pada gelaran Nusantara Power Connect 2023

ICORE adalah Intelligent Centre of Optimization for Reliabilty & Efficiency yang menggunakan IoT, Machine Learning dan Big Data dalam suatu sistem Artificial Intelligence.

"Ini merupakan suatu sistem Artificial Intelligence PLN Nusantara Power untuk mengejar digitalisasi unit pembangkit di seluruh Indoneisa," ujar Direktur Utama PLN Nusantara Power Ruly Firmansyah dalam keterangannya. 

Baca juga : Petani Sawit Deklarasi Dukung Ganjar Pada Pilpres 2024

Tercatat sudah 46 unit pembangkit dengan total kapasitas mencapai 7.360 MW yang telah berhasil terhubung secara digital dan terpusat di Surabaya.

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo saat mengunjungi booth PLN NP dalam gelaran Nusantara Power Connect 2023 di JCC  menyampaikan digitalisasi unit pembangkit merupakan keharusan agar standar PLN dapat menyamai dengan standar global. 

"Indonesia, sudah seharusnya dapat menerapkan ini di seluruh unit pembangkit yang dikelola PLN," ujar Darmo, sapaan akrabnya. 

Baca juga : Ester Pertahankan Gelar Juara Indonesia International Challenge 2023

Ia melanjutkan, saat ini PLN Nusantara Power tengah mengupayakan efisiensi unit pembangkit PLN di seluruh Indonesia melalui digitalisasi. 

Kondisi operasional pembangkit harus dapat ditingkatkan serta direspons dengan cepat sehingga terjadi peningkatan keandalan dan efisiensi unit tanpa jeda waktu yang lama. 

"Saya harap seluruh unit pembangkit di Indonesia dapat mencontoh inovasi ini”, terang Darmo. 

Baca juga : Hadiri Lomba Masak Nasi Goreng Di Semarang, Puan: Penting Pakai Hati

ICORE merupakan produk inovasi dalam pengelolaan pembangkit berbasis digital 4.0. Melalui ICORE, proses pemantauan operasional, analisis, dan diagnosis kondisi pembangkit dapat dilakukan secara digital dan real time melalui pengoptimalan sensor yang terpasang pada mesin-mesin pembangkit.

Teknologi ini akan memberikan dampak yang signifikan dalam efisiensi kinerja perusahaan. ICORE dapat menghasilkan rekomendasi optimalisasi pengoperasian dan pemeliharaan kondisi peralatan. Selain itu, iCORE juga memiliki kemampuan menggerakan peralatan secara otomatis dan tepat waktu sehingga tercapai keandalan dan efisiensi yang optimal. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.