Dark/Light Mode

Dubes RI Di Bangkok Promosi Budaya Nusantara Melalui Indonesian Festival

Sabtu, 22 Juli 2023 03:18 WIB
Dubes Rachmat Budiman menyapa mahasiswa Universitas Walailak yang mengikuti rangkaian acara Indonesian Festival, Senin, 17 Juli 2023.
Dubes Rachmat Budiman menyapa mahasiswa Universitas Walailak yang mengikuti rangkaian acara Indonesian Festival, Senin, 17 Juli 2023.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bangkok bersama Universitas Walailak Thailand mengadakan acara promosi budaya lewat Indonesian Festival pada 17-18 Juli ini. Acara tersebut diminati ratusan civitas Universitas Walailak.

Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Thailand Rachmat Budiman menjelaskan, kegiatan Indonesian Festival merupakan upaya promosi Indonesia secara berkesinambungan kepada masyarakat Thailand. Sekaligus menjadi wadah bagi generasi muda Thailand untuk mengenal Indonesia lebih dekat dan lebih baik. Indonesian Festival merupakan kegiatan pertama yang diadakan KBRI Bangkok dengan Universitas Walailak.

“Ini akan menjadi titik awal yang baik untuk pelaksanaan kegiatan promosi seni budaya Indonesia ke depan,” kata Dubes Rachmat dikutip dari keterangan tertulisnya, Rabu (19/7).

Baca juga : Duta Besar Indonesia Untuk Singapura, Promo Kopi Nusantara Di Indonesia House of Beans Singapore

Menurutnya, hubungan baik antara kerajaan di Indonesia dan Thailand sudah terjalin baik sebelum Indonesia merdeka, seperti pada abad ke-12 semasa Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit. Hingga kini, hubungan baik itu terus berkembang di berbagai bidang kerja sama berkat peran aktif pemangku kepentingan di kedua negara. Termasuk Universitas Walailak yang memiliki kerja sama pendidikan dengan beberapa universitas di Indonesia.

Pada acara pembukaan Indonesian Festival, seluruh penonton di Gedung Rektorat Si Thammarat Universitas Walailak Thailand menikmati dengan seksama penampilan Tari Bambangan Cakil.

Kegiatan hari pertama diawali dengan perkenalan kekayaan seni dan budaya Indonesia tim Atase Pendidikan dan Kebudayaan. Dilanjutkan dengan lokakarya Bahasa Indonesia, tari tradisional Beksan Smarasanta, angklung dan lagu tradisional ‘Rasa Sayange’.

Baca juga : Bantu Pemasaran Produk UMKM Tangerang, Relawan SandiUno Ramaikan Festival HANI

Pada hari kedua, mahasiswa Fakultas Ilmu Politik Universitas Walailak juga berkesempatan mengikuti kuliah umum bertema “Politik Luar Negeri Indonesia dan Kerja Sama Bilateral Indonesia dan Thailand” yang disampaikan Dubes Rachmat.

Perkembangan Hubungan Indonesia Dan Thailand

Dalam kesempatan itu, Dubes Rachmat memberikan informasi terkini tentang perkembangan hubungan bilateral Indonesia dan Thailand, termasuk Keketuaan Indonesia pada ASEAN tahun ini.

Presiden Universitas Walailak Sombat Thamrongthanyawong mengapresiasi kegiatan tersebut. Banyaknya persamaan seni dan budaya antara Indonesia dan Thailand, menurutnya, membuat kedua negara memiliki berbagai peluang kerja sama untuk terus dikembangkan.

Baca juga : Menuju SDGs 2030, Partisipasi Antarpihak Di Indonesia Menguat

“Pertukaran dan asimilasi budaya sudah terjalin dengan baik, jauh sebelum kolonialisme memisah masyarakat yang ada di kawasan,” katanya.

Pada kegiatan tersebut, dipamerkan pula gerai Indonesia yang berisi selebaran dan brosur promosi pariwisata Indonesia, produk kerajinan tangan, patung dan wayang serta miniatur alat musik khas Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.