Dark/Light Mode

Kredit BTN Melesat Per Agustus 2023, Tembus Rp 314, 2 Triliun

Jumat, 15 September 2023 16:07 WIB
Posisi kredit dan pembiayaan Bank BTN yakni sekitar Rp 314,2 triliun per Agustus 2023. (Ilustrasi Istimewa)
Posisi kredit dan pembiayaan Bank BTN yakni sekitar Rp 314,2 triliun per Agustus 2023. (Ilustrasi Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. atau BTN mencatatkan kenaikan posisi kredit dan pembiayaan sekitar 9,9 persen secara tahunan.

Dalam laporan keuangan bulanan Agustus 2023 BTN posisi kredit dan pembiayaan Bank BTN yakni sekitar Rp 314,2 triliun per Agustus 2023.

Posisi tersebut tumbuh 9,9 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) dari Rp 286,1 triliun di bulan Agustus 2022.

Baca juga : Holding UMi Dongkrak Kredit Mikro BRI Group Tembus Rp 577,94 Triliun

Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu mengatakan, perseroan membidik pertumbuhan kredit di level sekitar 10 persen yoy.

Pertumbuhan tersebut, lanjut Nixon, akan ditopang oleh KPR (Kredit Pemilikan Rumah) Subsidi, KPR Non-Subsidi, dan kredit high yield.

“Dengan indikator makro yang semakin kondusif, kondisi perekonomian dan perbankan nasional juga akan semakin membaik karena didorong juga oleh beberapa stimulus,” ujar Nixon dalam keterangannya, Jumat (15/9).

Baca juga : Turun Tipis, Cadev RI Agustus Rp 2.100,7 Triliun

Sementara itu, pertumbuhan positif pada kredit di emiten bersandi saham BBTN tersebut terpantau ditopang kegiatan akad massal yang aktif digelar.

Di paruh kedua tahun ini, BTN juga tercatat telah menggelar akad KPR massal mencapai 10 ribuunit secara serentak di seluruh Indonesia.

Gelaran akad massal tersebut merupakan komitmen BTN dalam mendukung Pemerintahan Presiden Joko Widodo dalam merealisasikan Program Satu Juta Rumah.

Baca juga : Cuaca Besok Di Jakarta, Selasa 29 Agustus 2023, BMKG: Panas Tidak Hujan

Akad KPR massal tersebut juga difokuskan BTN pada area-area perumahan yang dekat dengan sarana transportasi umum.

Sebagai contoh, akad KPR massal pada Agustus 2023 dilaksanakan di Perumahan Puri Delta Tigaraksa yang dekat dengan Stasiun Tigaraksa dan Stasiun Tenjo.

“Perumahan Puri Delta Tigaraksa ini sesuai dengan konsep TOD (Transit Oriented Development), karena jarang dengan stasiun dekat dan memudahkan mobilisasi para karyawan yang bekerja di Jakarta,” ujar Nixon. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.