Dark/Light Mode

Turun Tipis, Cadev RI Agustus Rp 2.100,7 Triliun

Kamis, 7 September 2023 11:23 WIB
Petugas menyusun rupiah. (Foto: Ist)
Petugas menyusun rupiah. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bank Indonesia (BI) mencatat posisi cadangan devisa (cadev) Indonesia pada akhir Agustus 2023 tetap tinggi sebesar 137,1 miliar dolar AS atau setara Rp 2.100,7 triliun. Jumlah tersebut sedikit menurun dibandingkan dengan posisi pada akhir Juli 2023 sebesar 137,7 miliar dolar AS atau Rp 2.109,9 triliun.

“Penurunan posisi cadangan devisa tersebut antara lain dipengaruhi oleh pembayaran utang luar negeri pemerintah dan kebutuhan untuk stabilisasi nilai tukar rupiah sejalan dengan meningkatnya ketidakpastian pasar keuangan global,” ungkap Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono, Kamis (7/9).

Baca juga : Turun Rp 6.000 Harga Emas Rp 1.069.000 Per Gram

Posisi cadev tersebut setara dengan pembiayaan 6,2 bulan impor atau 6,0 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor. 

“BI menilai cadev tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan,” ujarnya.

Baca juga : Tabungan Simpeda Raih Peningkatan Saldo Hingga Rp 65,8 Triliun

Ke depan, kata dia, cadev akan tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan respons bauran kebijakan yang ditempuh BI dalam menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.