Dark/Light Mode

Holding UMi Dongkrak Kredit Mikro BRI Group Tembus Rp 577,94 Triliun

Rabu, 13 September 2023 10:56 WIB
Holding Ultra Mikro (UMi) turut mendongkrak kredit mikro BRI Group yang tumbuh double digit di akhir triwulan II-2023. (Ilustrasi BRI)
Holding Ultra Mikro (UMi) turut mendongkrak kredit mikro BRI Group yang tumbuh double digit di akhir triwulan II-2023. (Ilustrasi BRI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasca dua tahun terbentuk, Holding Ultra Mikro (UMi) yang terdiri dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk sebagai induk bersama PT Pegadaian dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM), turut mendongkrak kredit mikro BRI Group yang tumbuh double digit di akhir triwulan II-2023.

Hingga akhir Juni 2023, BRI berhasil menyalurkan kredit mikro sebesar Rp 577,94 triliun. Angka ini tumbuh 11,41 persen secara year on year (yoy).

Baca juga : Kredit Mikro Tumbuh 11,41%, BRI Makin Tangguh, Cetak Laba Rp 29,56 Triliun

Dengan pertumbuhan ini, porsi kredit mikro BRI Group mampu menembus 48,08 persen terhadap keseluruhan penyaluran kredit oleh perseroan yang mencapai Rp 1.202,13 triliun.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, pertumbuhan tersebut tidak terlepas dari keberhasilan integrasi ekosistem ultra mikro yang dipimpin oleh BRI serta Pegadaian dan PNM sebagai anak usaha.

Baca juga : Ditopang Kredit Mikro, BRI Kantongi Laba Rp 29,56 Triliun Di Kuartal II-2023

“Porsi kredit mikro saja, bukan UMKM. Porsi kredit mikro kita itu sudah hampir separuh dari total kredit BRI. Arahnya memang kita tidak tumbuh ke atas tapi kita tumbuhkan ke bawah, dan di bawah itu yang kita sebut ultra mikro,” jelasnya dalam keterangan resmi, Rabu (13/9).

Sunarso menambahkan, perkembangan terbaru penyelenggaraan Holding UMi yang telah berhasil memberikan pelayanan dan mengintegrasikan puluhan juta nasabah peminjam di segmen UMi dan bahkan ratusan juta nasabah simpanan mikro, yang tersebar di berbagai tempat di seluruh Indonesia.

Baca juga : Utang Luar Negeri RI Turun Ke Level Rp 6.075,6 Triliun

Per Juni 2023, Holding UMi juga telah berhasil mengintegrasikan lebih dari 36 juta nasabah peminjam atau debitur, dan 162 juta nasabah simpanan mikro. Dan itu didukung oleh 1.013 unit kantor co-location (SENYUM/Sentra Layanan Ultra Mikro) yang dipakai bersama.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.