Dark/Light Mode

Toyota Mobility Foundation Uji Coba xEV Shuttle Ubud, Ini Jadwalnya

Selasa, 19 September 2023 16:35 WIB
Toyota Mobility Foundation meluncurkan xEV Shuttle dan Dynamic Bus Schedule Displays di Ubud, Bali, Agustus lalu. (Foto: Ist)
Toyota Mobility Foundation meluncurkan xEV Shuttle dan Dynamic Bus Schedule Displays di Ubud, Bali, Agustus lalu. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Toyota Mobility Foundation (TMF), Kerthi Bali Santhi, Pemerintah Provinsi Bali, dan Pemerintah Kabupaten Gianyar akan memulai operasi layanan uji coba layanan xEV Shuttle dan Dynamic Bus Schedule Displays di Ubud, Bali, pada 22 September 2023.

Setelah diluncurkan pada 24 Agustus 2023 lalu, Program Sustainable Mobility Advancing Real Transformation (SMART) @Ubud akan di uji coba selama enam bulan mulai bulan ini. Toyota Mobility Foundation telah berkoordinasi erat dengan para pemangku kepentingan lokal di Ubud, serta memperoleh komitmen dan persetujuan mereka untuk memulai inisiatif ini. 

Per 22 September 2023, pengunjung dan penduduk Ubud akan dapat merasakan dua solusi mobilitas secara gratis. Pertama, layanan shuttle xEV dengan rute tetap dan sesuai kebutuhan yang beroperasi dari pukul 6:00 pagi hingga 11:00 malam di Area Ubud Pusat, dengan beberapa titik pemberhentian yang semuanya berjarak 10 menit dengan berjalan kaki dari tujuan-tujuan wisata utama dan situs-situs terkenal lainnya. 

Baca juga : Tok! MK Tolak Uji SIM Seumur Hidup, Ini Alasannya

Beberapa pemberhentian layanan ini terhubung dengan rute Trans Metro Dewata yang sudah tersedia sebelumnya, memungkinkan perjalanan yang nyaman untuk memasuki dan meninggalkan Ubud melalui layanan yang saling terkoneksi. 10 kendaraan terdiri atas lima kendaraan Battery Electric Vehicle (BEV) dan lima kendaraan Hybrid Electric Vehicle (HEV).


Kedua adalah penempatan tampilan Dynamic Bus Schedule Displays di halte bus padat lalu lintas dalam Rute Trans Metro Dewata, yang memberikan visualisasi waktu riil dari jadwal bus untuk para pengguna transportasi. Sehingga memberikan kenyamanan dan kepastian dalam perencanaan perjalanan masing-masing, terutama saat digunakan bersamaan dengan solusi sebelumnya yakni xEV shuttle sesuai kebutuhan.

Selama uji coba, Toyota Mobility Foundation akan mengambil langkah proaktif untuk berkolaborasi dengan masyarakat setempat guna memastikan kemungkinan terbaik untuk kelangsungan layanan bahkan setelah uji coba berakhir.

Baca juga : Toyota Gelar Uji Emisi Gratis, Cek Tanggalnya

Uji coba layanan ini sebagai langkah inisiatif yang nantinya akan digunakan sebagai rekomendasi konkret untuk membangun model bisnis layak yang berkelanjutan bagi mobilitas masyarakat dan wisata di Ubud. Oleh karena itu, setelah uji coba berakhir pada Februari 2024, solusi ini dapat diteruskan oleh pemangku kepentingan lokal yang akan dipilih oleh masyarakat setempat.

Untuk diketahui, SMART@Ubud sejalan dengan status Bali sebagai zona target untuk kendaraan elektrifikasi dan tujuan lebih luas dari rencana mobilitas listrik Provinsi Bali 2026. Melalui inisiatif SMART@Ubud ini, Toyota Mobility Foundation berusaha untuk memahami apa saja kondisi dan persyaratan yang dibutuhkan untuk mendorong masyarakat luas menggunakan kendaraan elektrifikasi. 

Toyota Mobility Foundation memahami bahwa ada banyak pilihan teknologi elektrifikasi dan berkomitmen untuk mendukung pemerintah Bali dalam menentukan pilihan yang ideal untuk masing-masing jenis pilihan powertrain, dengan tujuan bersama untuk dekarbonisasi dan pariwisata yang berkelanjutan. Program ini diselenggarakan bersama oleh Deloitte Future of Mobility Solution Centre (Deloitte) dengan dukungan Dinas Transportasi Pemerintah Provinsi Bali dan Toyota Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.