Dark/Light Mode

Nusatama Berkah Gandeng Norinco International Kembangkan Pabrik EV Truk Terbesar

Selasa, 19 September 2023 22:57 WIB
MoU PT Nusatama Berkah dengan Norinco International di Hotel Holiday Inn Express, JIEXPO Kemayoran, Jakarta, beberapa waktu lalu. Foto: Istimewa
MoU PT Nusatama Berkah dengan Norinco International di Hotel Holiday Inn Express, JIEXPO Kemayoran, Jakarta, beberapa waktu lalu. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagai langkah signifikan dalam meningkatkan kemampuan manufaktur lokal di industri otomotif Indonesia, PT Nusatama Berkah Tbk atau Nusatama Special Vehicle (IDX: NTBK) dan Norinco International (SZSE: 000065), secara resmi bekerja sama, melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), beberapa waktu lalu.

Prosesi MoU tersebut berlangsung di Hotel Holiday Inn Express, JIEXPO Kemayoran, Jakarta, mulai pukul 13.00 hingga 15.00, bertepatan dengan Indonesia Mining Expo 2023, yang diselenggarakan di tempat yang sama. Nusatama Special Vehicle juga menjadi eksibitor di Hall B3.

MoU itu menandai dimulainya kemitraan strategis antara Nusatama dan Norinco International, untuk meletakkan dasar bagi produksi truk kendaraan listrik (EV) lokal di Indonesia.

Kolaborasi ini berfokus untuk memajukan segmen truk listrik (EV Truck) di pasar Indonesia, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan menciptakan peluang bagi manufaktur lokal.

Berdasarkan MoU tersebut, Norinco International akan mengadakan kajian mendetail, mengenai rencana investasi besar dalam mendorong pendirian fasilitas manufaktur canggih di Indonesia, bekerja sama dengan Nusatama, yang didedikasikan untuk memproduksi truk kendaraan listrik.

Memanfaatkan teknologi tercanggih dari BEIBEN EV Trucks, kemitraan ini bertujuan untuk memperkenalkan truk EV yang diproduksi secara lokal dengan merek dalam negeri yang disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi unik konsumen Indonesia.

Baca juga : Pengamat Dukung Kebijakan Bahlil Investor Bangun Pabrik Di Indonesia

BEIBEN, merek otomotif yang diakui secara global, terutama terkenal karena kualitasnya yang luar biasa di Tiongkok, dikembangkan pertama kali bersama Mercedes-Benz, kini BEIBEN menjadi pabrikan truk yang terkenal awet, handal dan canggih.

BEIBEN termasuk dalam 5 pemimpin pasar teratas di China, truk listruk BEIBEN dilengkapi dengan teknologi baterai Hot Swappable yang mutakhir, memastikan pengoperasian yang efisien dan tanpa gangguan, dengan jangkauan 150 hingga 250 kilometer.

Hal ini menjadikannya sangat cocok untuk sektor pertambangan dan jalan raya. Kolaborasi ini sejalan dengan komitmen Indonesia untuk mendorong mobilitas berkelanjutan dan penerapan prinsip-prinsip Lingkungan Hidup, Sosial, dan Tata Kelola (ESG).

"Hal ini juga menggarisbawahi visi bersama Nusatama dan Norinco International untuk merangsang pertumbuhan ekonomi lokal dan membangun landasan yang kuat bagi produksi truk kendaraan listrik lokal," ujar Ir. Bambang Susilo, Presiden Direktur PT Nusatama Berkah Tbk.

Dia juga menekankan pentingnya strategis MoU ini, menyoroti potensi penciptaan lapangan kerja dan meningkatkan perekonomian lokal sekaligus menghadirkan truk EV terbaik ke pasar Indonesia.

Sementara, Ling Xing Ge, Southeast Asia Director dari Norinco International menyampaikan, keyakinannya terhadap potensi pasar Indonesia dan pentingnya manufaktur lokal.

Baca juga : Jadi Tuan Rumah Muktamar Sufi Internasional, Ganjar Gaungkan Perdamaian

Dia juga menggarisbawahi komitmen Norinco International terhadap pertumbuhan dan tujuan keberlanjutan industri otomotif Indonesia.

Acara penandatanganan tersebut turut dihadiri dan disaksikan oleh para pelanggan dan mitra terhormat Nusatama Special Vehicle, antara lain PT Riau Andalan Pulp & Paper melalui anak perusahaannya, PT Prima Transportasi Servis Indonesia, dan perwakilan dari Sinarmas melalui PT BSA Logistics Indonesia dan Sinarmas Mining melalui PT Borneo Indobara.

Para pemimpin industri ini menyatakan dukungan mereka terhadap langkah signifikan dalam memajukan sektor manufaktur truk kendaraan listrik lokal.

Sementara, CEO PT Siberat Digital Logistic, Hendy Rudy mengapresiasi langkah Nusatama Special Vehicle dalam menggandeng merek ternama BEIBEN ke Indonesia, dan meyakini bahwa peralihan penggunaan truk konvensional ke truk listrik akan segera terjadi.

"Semoga Nusatama makin berkembang di bisnis special vehicle, yang telah menjadikan Nusatama ternama di Indonesia, menakjubkan melihat Nusatama ber-evolusi mengikuti perkembangan teknologi dalam industri trucking, memulai kerjasama dgn pihak Beiben EV Truck ternama dari China,"kata Hendy dari Siberat Digital Logistics.

"EV Truck menjadi hal yang tidak terhindarkan lagi di masa depan, semoga Indonesia cepat beralih ke EV Trucks untuk menjaga bumi demi masa depan anak cucu kita," tambahnya. 

Baca juga : 9 Tunggal Putra Lolos Babak Utama Indonesia International Challenge

Project Director dan Corporate Secretary Nusatama Special Vehicle, Felik Widyo Makuprathowo, juga menyampaikan paparan terkait profil BEIBEN truk dan masa depan ekosistem truk listrik di Indonesia.

Menurutnya, tantangan terbesar yang perlu dihadapi oleh Nusatama adalah peningkatan angka TKDM agar membantu pemasaran produk truk listrik di sektor Pertambangan dan Logistik di Indonesia, dengan menambahkan kiprah dan kualitas produk BEIBEN yang tidak diragukan lagi. 

"Sebagai produsen Special Vehicle ternama di Indonesia, kami sangat mengenal merek BEIBEN, truk mereka dibekali heritage yang sangat bagus, dengan DNA Red, Green dan Blue, Red karena BEIBEN hingga saat ini digunakan secara ekstensif sebagai kendaraan pertahanan di China, Blue karena BEIBEN merupakan hasil dari pengembangan teknologi Mercedes-Benz, dan Green karena BEIBEN merupakan yang terdepan dalam pengembangan truk-truk EV," kata Felik.

Penandatanganan MoU ini menandai tonggak penting dalam sektor otomotif Indonesia, yang mewakili landasan kokoh bagi truk listrik produksi lokal. PT Nusatama Berkah Tbk dan Norinco International berdedikasi untuk mempromosikan manufaktur lokal, penciptaan lapangan kerja, dan mendukung tujuan mobilitas berkelanjutan Indonesia melalui kemitraan strategis ini.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.