Dark/Light Mode

Terbukti Tangguh, Di Waktu Bersamaan BRI Miliki Permodalan Dan ROE Yang Kuat

Rabu, 20 September 2023 07:45 WIB
Terbukti Tangguh, Di Waktu Bersamaan BRI Miliki Permodalan Dan ROE Yang Kuat

 Sebelumnya 
ROE tersebut tumbuh sekitar 2,5 persen secara tahunan (year on year/yoy) dari 17,48 persen. Sedangkan CAR tumbuh 1,6 persen yoy dari 25,06 persen.

Itu sebabnya, Sunarso berani mengatakan, BRI adalah bank yang kondisinya langka di dunia.

BRI saat ini memegang kepercayaan tinggi dari investor. Sebagai listed company, BRI fokus untuk menjaga kinerja secara berkelanjutan.

“Kami berkomitmen untuk me-leverage kapital BRI yang tinggi. Kami harus menunjukkan, BRI mampu tumbuh secara benar,” tutur Sunarso.

Baca juga : Jokowi Minta Sistem Keuangan Yang Adil

Di sisi lain, BRI mampu menjaga kualitas pembiayaan dengan Non Performing Loan (NPL) 2,95 persen.

Untuk bank yang bergerak di segmen UMKM, Sunarso menyebut level tersebut masih terbilang wajar. Ini menunjukkan, kualitas aset BRI terbilang sangat baik.

“NPL-nya terkendali terkelola dengan baik. Wajar, kalau balance sheet yang sehat itu menghasilkan profitabilitas yang baik. Selama 6 bulan di tahun 2023 ini, net profit BRI mencapai Rp 29,6 triliun secara year on year atau tumbuh 18,8 persen,” ucapnya.

Pertumbuhan tersebut merupakan realisasi janji kinerja BRI kepada stakeholders, terutama shareholder.

Baca juga : KAI Janji Perbaiki Dan Genjot Layanan LRT...

Perseroan optimistis dapat membukukan laba yang tetap baik dan tetap tumbuh.

Sunarso menyebut, kinerja ini masih sangat atraktif di tengah industri perbankan global, yang dihadapkan pada situasi inflasi tinggi. Sehingga bank sentral melakukan pengetatan likuiditas di pasar.

“Likuiditas kami terkelola dengan baik. Loan to Deposit Ratio kami berada di level 87 persen. Kalau ditanya likuiditas aman nggak? Saya jawab, sangat aman. Tapi, masih dapat dioptimalkan,” jelas Sunarso.

Menurutnya loan to deposit ratio yang optimal berkisar antara 90-92 persen. Kondisi BRI saat ini, masih perlu didorong lagi untuk menumbuhkan kredit, hingga level LDR optimal kepala 9.

Baca juga : BRI Pacu Kuantitas Dan Kualitas UMKM

“Tidak ada isu likuiditas. Yang ada, kita harus mampu terus tumbuh dan menjaga kualitas, serta menjaga kualitas pertumbuhan,” ujar Sunarso penuh optimisme.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu 20/9/2023 dengan judul Terbukti Tangguh, Di Waktu Bersamaan BRI Miliki Permodalan Dan ROE Yang Kuat

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.