Dark/Light Mode

TASPEN Raih Penghargaan Pelayanan Informasi Publik Ramah Disabilitas Dari KIP

Rabu, 20 September 2023 13:41 WIB
TASPEN Raih Penghargaan Pelayanan Informasi Publik Ramah Disabilitas Dari KIP

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) atau TASPEN terus berkomitmen memberikan pelayanan optimal kepada seluruh peserta, termasuk peserta penyandang disabilitas.

Komitmen tersebut dibuktikan melalui penyediaan fasilitas khusus disabilitas bagi peserta atau pemohon informasi publik, berupa kursi roda, hand railing tangga, dan toilet khusus disabilitas pada kantor TASPEN se-Indonesia.

Selain itu, TASPEN juga memiliki fitur ramah disabilitas pada website utama PT TASPEN (Persero) https://taspen.co.id dan website pelayanan informasi publik TASPEN https://eppid.taspen.co.id.

Atas beberapa upaya tersebut, TASPEN meraih Penghargaan Dalam Melaksanakan Pelayanan Informasi Publik Ramah Disabilitas dari Komisi Informasi Publik (KIP) Republik Indonesia.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Komisioner Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia Samrotunnajah Ismail, didampingi Ketua Komisi Informasi Pusat Donny Yoesgiantoro di Jakarta, Kamis (14/9).

Terkait hal ini, Corporate Secretary TASPEN, Yoka Krisma Wijaya mengatakan, pihaknya senantiasa berupaya meningkatkan pelayanan kepada seluruh peserta. Termasuk, para peserta disabilitas yang juga telah mendedikasikan baktinya kepada Indonesia.

Baca juga : KSP Dorong Peningkatan Kualitas Pelayanan Dasar Di Kawasan IKN

TASPEN telah menghadirkan beberapa fasilitas ramah disabilitas atau skema pelayanan khusus bagi peserta disabilitas, untuk memudahkan peserta mendapatkan pelayanan.

"Apresiasi tertinggi kami berikan kepada Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia, atas penghargaan yang diberikan kepada kami. Penghargaan ini dapat menjadi pemicu TASPEN, untuk senantiasa meningkatkan kualitas layanan kepada seluruh peserta ASN/Pensiunan. Sehingga, TASPEN dapat menjadi perusahaan dengan pelayanan publik terbaik," kata Yoka, dalam keterangannya, Rabu (20/9/2023).

Sebelumnya, TASPEN telah mendapatkan tiga penghargaan serupa dari Badan Publik Informatif pada tahun 2019, 2020 dan 2022.

Ajang penghargaan ini diikuti oleh seluruh badan publik di Indonesia, antara lain Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Pemerintah Provinsi, lembaga negara, lembaga pemerintah non-kementerian, lembaga struktural, kementerian, serta partai politik.

Seluruh badan publik tersebut mendapat penilaian secara detail oleh tim berkompeten dari KIP.

Sementara Ketua KIP Donny Yoesgiantoro mengatakan, pihaknya menghargai peran seluruh badan publik yang senantiasa mematuhi prinsip-prinsip transparansi dan akuntabilitas. Termasuk, memberikan akses yang lebih baik kepada masyarakat berkebutuhan khusus.

Baca juga : Pengalaman Urus Keamanan dan Ekonomi, Prabowo-Airlangga Dinilai Duet Maut

"Semoga, penghargaan yang diberikan kepada seluruh badan publik yang telah menyediakan fasilitas khusus bagi penyandang disabilitas, dapat terus meningkat. Sehingga, dapat membantu masyarakat dan berkontribusi tinggi kepada kesejahteraan masyarakat Indonesia," papar Donny.

Upaya menghadirkan fasilitas atau program layanan ramah disabilitas  diharapkan dapat menjadi wujud aktif TASPEN dalam meningkatkan kesejahteraan seluruh peserta.

Hingga Agustus 2023, TASPEN memiliki 3,7 juta peserta aktif dan 3 juta peserta pensiunan.

TASPEN memastikan, akan terus meningkatkan kualitas pelayanan, meningkatkan aksesibilitas informasi produk dan layanan bagi peserta. Serta meningkatkan pelayanan di seluruh kanal aduan resmi, untuk memudahkan peserta TASPEN di Indonesia mendapatkan pelayanan terbaik.

Tentang PT TASPEN

PT TASPEN (Persero) atau Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di bidang asuransi tabungan hari tua dan dana pensiun bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pejabat Negara.

Berdiri sejak 17 April 1963, PT TASPEN (Persero) turut berperan aktif dalam kesejahteraan sosial, khususnya bagi ASN di Indonesia.

Baca juga : Gerindra Raih Penghargaan Pelayanan Publik Ramah Disabilitas

PT TASPEN (Persero) saat ini memiliki beberapa produk dan layanan, yakni Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Program Jaminan Kematian (JKM), Program Tabungan Hari Tua (THT), dan Program Pensiun.

PT TASPEN (Persero) merupakan The First Chairman of Asian Civil Service Pension Association (ACSPA) atau Ketua Asosiasi Penyelenggara Jaminan Sosial bagi Aparatur Sipil Negara pertama di Asia, yang beranggotakan Penyelenggara Jaminan Sosial bagi ASN dari berbagai negara di Asia. Antara lain Indonesia, Korea Selatan, Filipina, Malaysia, Thailand, dan Kamboja.

PT TASPEN (Persero) mengedepankan kenyamanan dan keselamatan peserta, dengan menerapkan layanan digital berupa TASPEN PESONA (Tanggap Andal Selamatkan Pensiunan dengan Pelayanan Bebas Corona), yakni layanan berbasis daring yang meliputi TOOS (Taspen One-hour Online Service), layanan E-Klim, Tcare, dan Otentikasi Digital.

Sebagai kanal informasi dapat menghubungi Call Center 1500919, kunjungi situs resmi https://taspen.co.idhttps://tcare.taspen.co.id dan seluruh sosial media resmi milik PT TASPEN (Persero).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.