Dark/Light Mode

Tingkatkan Perekonomian Rakyat Aceh, BPMA Simpan Dana Program ASR di BSI

Jumat, 22 September 2023 09:02 WIB
Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) menyimpan dana cadangan untuk program Abandonment and Site Restoration ASR wilayah kerja minyak dan gas bumi. (Foto: Istimew
Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) menyimpan dana cadangan untuk program Abandonment and Site Restoration ASR wilayah kerja minyak dan gas bumi. (Foto: Istimew

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) menyimpan dana cadangan untuk program Abandonment and Site Restoration (ASR) wilayah kerja minyak dan gas bumi Blok B, Aceh, yang dioperatori PT Pema Global Energi (PGE), pada PT Bank Syariah Indonesia (BSI) Tbk.

Kepala BPMA Teuku Mohamad Faisal mengatakan, pihaknya baru saja mencapai kesepakatan antara Pema Global Energi (PGE) dan BSI untuk pengelolaan dana ASR.

Baca juga : Gardu Ganjar Gandeng UMKM Lokal Saat Senam Sehat Di Tangerang

"Saya bersyukur bahwa hari ini tiga pihak telah bertemu untuk menyepakati penempatan dana ASR di Aceh untuk disimpan di Bank Syariah Indonesia," kata Faisal di Bali, Kamis (21/9).

Dana ASR adalah dana yang harus disisihkan oleh kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) untuk membiayai penutupan sumur, restorasi lingkungan pasca operasi.

Baca juga : Tingkatkan Pendampingan Nasabah, PNM Dukung Pelatihan Kompetisi Karyawan

Aturan penyisihan dana ASR itu dilakukan sejak ada Keputusan Menteri ESDM Nomor 15 Tahun 2018 tentang Kegiatan Pasca Operasi Pada Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi.

Faisal mengatakan bahwa secara nasional dana itu telah terkumpul hingga 38 miliar dolar Amerika. Adapun khusus di Aceh, yang akan disimpan PGE di BSI saat ini adalah 15 juta dolar Amerika.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.