Dark/Light Mode

Uang Beredar Hingga Pemilu Bisa Tembus Rp 80 Triliun

Daya Beli Naik, Ekonomi Kita Semakin Bergairah

Minggu, 24 September 2023 07:10 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Foto: Antara)
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kegiatan sosialisasi Pemilu 2024 yang masif bakal mendorong konsumsi dan daya beli masyarakat. Pertumbuhan ekonomi pun diyakini bakal tetap tinggi tahun ini.

Kegiatan pemilu juga diya­kini memberi dampak signifikan terhadap perekonomian nasional sejak semester II-2023, hingga pelantikan kabinet baru nantinya.

Ekonom Institute for De­velopment of Economics and Finance (Indef) Nailul Huda mengatakan, sejak kuartal III- 2023 berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pemilu sudah mengalami peningkatan.

Baca juga : Hasilkan Kerja Sama Rp 586 Triliun Dari KTT ASEAN, Ketum Hipmi Apresiasi Jokowi

“Kondisi itu akan dibarengi peningkatan konsumsi di be­berapa sektor. Mulai dari Tek­stil dan Produk Tekstil (TPT), Teknologi Informasi dan Komu­nikasi (TIK), percetakan, trans­portasi jasa perusahaan hingga hiburan dan Food and Bever­age (F&B),” kata Huda kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Seperti diketahui, berbagai persiapan dan sosialisasi dilaku­kan Pemerintah, partai politik (parpol) hingga calon legislatif (caleg) dalam menyambut pelak­sanaan Pemilu 2024.

Kata Huda, sosialisasi yang dilakukan partai hingga calon legislatif (caleg) juga akan me­nambah uang beredar hingga pemilu berlangsung. Jumlahnya mencapai Rp 80 triliunan.

Baca juga : Mendagri Minta Pemda Kendalikan Harga Komoditas Beras

Tidak hanya beredar di kota besar, perputaran uang juga akan terjadi hingga pedesaan di seluruh daerah. Mulai dari tingkat provinsi, kabupaten kota hingga pedesaan.

Dengan begitu, peningkatan kegiatan ekonomi dipastikan juga terjadi merata di seluruh Indonesia.

“Kondisi ini dipastikan mem­beri efek positif bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia secara keseluruhan di tahun ini dan 2024,” ucapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.