Dark/Light Mode

Asyik, 5.592 Keluarga Di Cianjur Nikmati Listrik Gratis

Rabu, 27 September 2023 14:41 WIB
Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) untuk masyarakat.
Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) untuk masyarakat.

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 5.592 rumah tangga di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat (Jabar) teraliri listrik melalui Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL).

Program ini kerja sama dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bekerja sama dengan Komisi VII DPR menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Tahun Anggaran 2023.

"Di Jabar ini dapat bantuan tertinggi di Cianjur, yang paling tinggi di Cidaun, begitu besar perhatian Pemerintah untuk masyarakat," ujar Direktur Jenderal Ketenagalistrikan, Jisman Hutajulu pada Peresmian dan Penyalaan Pertama Program BPBL di Desa Cisalak, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, Selasa (26/9).

Menurut Jisman, Rasio Elektrifikasi (RE) yang merupakan perbandingan jumlah rumah tangga yang memiliki listrik dibandingkan dengan total rumah tangga di Indonesia, telah mencapai 99,70% hingga Juni 2023.

Salah satu upaya Pemerintah untuk meningkatkan rasio ini dan membantu masyarakat memperoleh akses listrik adalah melalui program ini, serta perluasan jaringan melalui program listrik perdesaan.

Baca juga : Laris Manis, Produk Olahraga Di Tokopedia Naik 2 Kali Lipat

Untuk tahun anggaran 2023, program ini akan menyasar 125.000 rumah tangga di seluruh Indonesia, dengan 22.000 rumah tangga dialokasikan ke Provinsi Jawa Barat.

"Ini bantuannya gratis, kalau ada yang bayar kasih tahu saya, dipasangin listrik dan dapat token seratus ribu, sehingga bisa dirasakan warga," jelas Jisman.

Jisman menyatakan, bahwa banyak masalah dapat dikurangi dengan kehadiran Program BPBL, seperti memotong sambungan listrik dari tetangga.

"Masih banyak yang nyalur ke tetangga, kadang ada yang diminta bayar tinggi, sekarang pake token jadi bisa mengontrol penggunaaan listrik sendiri," ujar Jisman.

Senada dengan Jisman, Wakil Ketua Komisi VII DPR, Eddy Sorparno menyampaikan bahwa Program BPBL diperjuangkan oleh Pemerintah untuk masyarakat.

Baca juga : Ganjar Gelorakan Politik Melayani

"Di Jawa Barat paling tinggi penerima BPBL, diperjuangkan oleh Pemerintah, jadi Saya juga bahagia bisa membantu menghadirkan listrik ke rumah Ibu-Bapak," tambah Eddy.

Menurut Edi Srimulyanti, Direktur Niaga dan Retail PT PLN (Persero), PT PLN (Persero) berkomitmen penuh dan mengerahkan segala upaya untuk menjalankan amanah tersebut.

Kementerian ESDM telah menugaskan PT PLN (Persero) untuk melaksanakan kegiatan pengadaan dan pemasangan BPBL.

"Program BPBL ini langsung dapat dirasakan masyarakat dan kita sudah bisa menyaksikan sendiri bahwa kalau memang tidak ada listrik kehidupan kurang lengkap," kata Edi.

Warga Desa Cisalak, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, Ismail mengucapkan terima kasih atas perhatian pemerintah yang memberikan listrik.

Baca juga : Aksi Relawan Sintawati, Hapus Tato Gratis Di Kota Jakarta

Pria berusia 34 tahun ini, yang bekerja sebagai pencari dan penjual kayu bakar, bersyukur bahwa adik kandungnya tidak lagi memberinya listrik.

"Alhamdulillah, sekarang rasanya nyaman dibanding yg kemarin," ucapnya dengan rasa syukur.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.