Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Isi Kuliah Kebangsaan Di UI

Ganjar Gelorakan Politik Melayani

Selasa, 19 September 2023 08:00 WIB
Capres dari PDIP Ganjar Pranowo di tengah-tengah mahasiswa UI sebelum memberikan Kuliah Kebangsaan, di Universitas Indonesia, Depok, Senin (18/9). (Foto: Patrarizki Syahputra/RM)
Capres dari PDIP Ganjar Pranowo di tengah-tengah mahasiswa UI sebelum memberikan Kuliah Kebangsaan, di Universitas Indonesia, Depok, Senin (18/9). (Foto: Patrarizki Syahputra/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Capres dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo mengisi kuliah kebangsaan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI), Depok, kemarin. Dalam acara yang dihadiri ribuan mahasiswa ini, Ganjar menyampaikan tiga fondasi penting yang harus segera dibangun menuju Indonesia Emas 2045. Tak kalah penting, Ganjar mengingatkan pentingnya seorang pemimpin yang selalu melayani dan tegas saat membuat kebijakan membela rakyat. Tidak abu-abu.

Visi mengenai masa depan Indonesia itu, disampaikan Ganjar dalam kuliah kebangsaan bertema “Hendak Ke Mana Indonesia Kita? Gagasan, Pengalaman dan Rancangan Para Pemimpin Masa Depan”. Acara digelar di Gedung Purnomo Prawiro, di lingkungan FISIP UI. Aula berkapasitas besar ini, penuh dengan para mahasiswa. Semua kursi terisi penuh. Peserta yang tak kebagian kursi rela duduk lesehan di belakang.

Baca juga : Pengalaman Di Jateng, Ganjar Siap Maksimalkan Digitalisasi Ke Level Nasional

Ganjar tiba di lokasi sekitar pukul 8.45 pagi. Mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu, tampil rapi dengan kemeja putih garis-garis hitam, dan celana warna hitam. Kehadirannya disambut antusias mahasiswa yang sudah datang ke lokasi sejak pagi.

Acara diawali dengan penayangan video mengenai testimoni dan harapan para mahasiswa tentang masa depan Indonesia. Dalam video itu, mahasiswa mengungkapkan sejumlah pekerjaan rumah yang harus dilakukan seperti pemberantasan korupsi, pelayanan publik, dan sebagainya.

Baca juga : Dukung Layanan Digital, SILO Luncurkan Aplikasi MYSiloam

Setelah itu, Ganjar naik ke atas panggung untuk menyampaikan presentasinya. Mantan Anggota DPR ini, bicara tanpa teks. Mengawali pidatonya, Ganjar menyampaikan apresiasi kepada keluarga besar FISIP UI yang sudah mengundangnya hadir, termasuk kepada para dosen. Sosok capres berambut putih itu pun bercerita pengalamannya kepada para mahasiswa saat menimba ilmu S2 di FISIP UI. Ganjar bilang, jalani proses kuliah itu meskipun dosen-dosennya nyebelin karena sering kasih tugas dan pelit kasih nilai bagus, tapi berkat dosen yang nyebelin itu, ia akhirnya bisa berdiri dan diundang di sini.

Setelah itu, foto Ganjar ketika masih menjadi mahasiswa UI ditampilkan di layar. Kemudian, Ganjar bicara serius soal pekerjaan rumah yang harus dihadapi Indonesia. Kata dia, memang masih ada persoalan yang harus diselesaikan seperti pemberantasan korupsi, pelayanan publik, anggaran, dan sebagainya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.