Dark/Light Mode

Sebanyak 18.071 Rumah Tangga Di Jatim Terima Pasang Listrik Gratis

Minggu, 23 Juli 2023 13:36 WIB
Pemasangan listrik baru gratis untuk masyarakat
Pemasangan listrik baru gratis untuk masyarakat

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus memperluas Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) untuk masyarakat di sejumlah wilayah. Salah satunya, di provinsi Jawa Timur.

Sepanjang tahun 2022 sebanyak 18.071 rumah tangga tidak mampu mendapat bantuan sambungan listrik gratis. Dari jumlah tersebut, sebanyak 988 sambungan rumah tangga berlokasi di Kabupaten Jember yang tersebar pada 21 kecamatan kecamatan.

Hal tersebut disampaikan Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan, Wanhar dalam Peresmian dan Penyalaan Pertama Program BPBL Provinsi Jawa Timur di Desa Jambearum, Kecamatan Sumberjambe, Kabupaten Jember, Sabtu (22/7). 

Wanhar dalam sambutannya mengatakan, masyarakat penerima program BPBL mendapatkan instalasi listrik rumah berupa 3 titik lampu dan 1 kotak kontak, pemeriksanaan dan pengujian instalasi Sertifikat Laik Operasi (SLO), penyambungan ke PLN dan token listrik perdana.

Baca juga : Ringankan Beban Rumah Tangga, Ratusan Petani Banten Serbu Bazar Sembako Murah

"Pada tahun 2023 ini, program BPBL akan dilanjutkan kembali dengan menyasar 125.000 rumah tangga di seluruh Indonesia. Direncanakan Provinsi Jawa Timur akan mendapat alokasi sebesar 22.850 rumah tangga penerima BPBL di tahun 2023 ini," tuturnya.

Pada kesempatan sama, Wakil Ketua Komisi VII DPR, Bambang Hariyadi menyampaikan, listrik merupakan kebutuhan yang mendasar, bukan hanya pangan, papan dan sandang saja. Masih banyak masyarakat yang menyalur listrik dari tetangga. Semoga dengan adanya program BPBL ini bisa dinikmati betul oleh masyarakat.

"Saya tidak pernah mengatakan ini dari saya, BPBL murni dari Pemerintah, namun BPBL merupakan usulan dari komisi 7 DPR. Program Kementerian ESDM cukup banyak, antara lain BPBL, PJUTS dll. Kita berterimakasih pada pemerintah atas sinergitas antara pemerintah dan DPR," kata Bambang.

Tidak Menyalur Lagi

Baca juga : Menko PMK: Pemerintah Tanggapi Serius Tindak Pidana Perdagangan Orang

Salah satu penerima BPBL, Suyana (68). Ibu ini hanya dapat berbahasa Jawa, ketika Tim ESDM menyambangi rumahnya. 

Keponakan Suryana yang bernama Nur bercerita, bahwa Suyana hidup sebatang kara semenjak suaminya meninggal. 

Ia bercerita selama ini Suryana menyalur listrik dari rumah adiknya yang tinggal bersebelahan. "Hanya satu lampu saja untuk penerangan di dalam rumah," ujar Nur.

Dengan bantuan pasang baru listrik ini Suryana mendapatkan tambahan lampu untuk penerangan dirumahnya. 

Baca juga : Selama Idul Adha, PLN Indonesia Power Pastikan Pasokan Listrik Aman

Tidak jauh dari rumah Suyana, Rusik (40) juga menerima bantuan Program BPBL. Sehari-hari ia bekerja sebagai buruh tani yang tinggal bersama istri dan kedua anaknya. 

Sebelumnya ia menyambung listrik dari rumah kakak perempuannya. Listrik yang digunakan hanya untuk penerangan di rumahnya, dengan 4 titik lampu.

"Bayar pulsa listrik sebesar dua puluh ribu setiap bulan, dibagi dua dengan mbak, masing-masing sepuluh ribu," ujar Rusik kepada Tim ESDM.

Rusik mengatakan, bahwa dengan bantuan pemasangan instalasi listrik gratis ini, dia menjadi lebih nyaman, tidak perlu menyantol listrik lagi dengan listrik dari kakaknya.■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.