Dark/Light Mode

BPJamsostek Kelapa Gading Gelar Sosialisasi Program ke Perusahaan Binaan

Sabtu, 30 September 2023 17:27 WIB
BPJamsostek Kelapa Gading menggelar sosialisasi program pada perusahaan-perusahaan binaan. (Foto: Dok. BPJamsostek Kelapa Gading)
BPJamsostek Kelapa Gading menggelar sosialisasi program pada perusahaan-perusahaan binaan. (Foto: Dok. BPJamsostek Kelapa Gading)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Kantor Cabang Jakarta Kelapa Gading menggelar sosialiasi program dan manfaat dengan 15 perusahaan binaan sekaligus lunch meeting di Layar Sedayu City, Jakarta Timur pada Rabu (20/9) lalu.

Kepala Kantor Cabang BPJamsostek Jakarta Kelapa Gading Ivan Sahat H Pandjaitan mengatakan, kegiatan ini untuk menambah wawasan pengetahuan perusahaan tentang program-program BPJamsostek.

Dalam acara ini, kata Ivan, banyak sekali informasi yang disampaikan BPJamsostek kepada perusahaan binaan. Di antaranya terkait program BPJamsostek yaitu, Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Pensiun (JP), Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP), dan layanan digital aplikasi Jamsostek Mobile (JMO).

Baca juga : Buka Jambore Nasional, Presiden Apresiasi Program Dai Masuk Desa

"Selain itu, seluruh peserta perwakilan perusahaan juga disosialisasikan tentang manfaat BPJamsostek dan tata cara klaim manfaat program," katanya di Jakarta, Sabtu (30/9).

Tak hanya itu, Ivan menuturkan, BPJamsostek juga menyampaikan kepada perwakilan perusahaan binaan terkait program Sejahterakan Pekerja Sekitar Anda (Sertakan).

Hal ini dilakukan agar perwakilan perusahaan untuk bisa menginformasikan kepada karyawan yang memiliki keluarga bekerja di sektor informal.

Baca juga : Tak Kerja, Nikmati Gaji 16 Perusahaan

Misalnya, seperti Asisten Rumah Tangga (ART), driver pribadi dan lainnya untuk dapat didaftarkan ke dalam program BPJamsostek segmen Bukan Penerima Upah (BPU).

Hanya dengan iuran mulai Rp 16.800 per bulan namun mendapatkan manfaat yang sama seperti pekerja yang bekerja di sektor formal.

"Program Sertakan sebagai bentuk kepedulian kita kepada pekerja- pekerja informal di sekitar untuk mendapatkan hak perlindungan dari risiko selama bekerja," ucapnya.

Baca juga : Gandeng BNPB, Manajemen Bencana SIL UI Gelar Simulasi Gempa Bumi Dan Kebakaran

Ivan memastikan sosialisasi kepada perusahaan binaan ini bertujuan untuk memastikan seluruh tenaga kerja beserta ekosistem di perusahaan sudah mendaftarkan seluruh pekerjanya.

"Terlihat peserta dari perwakilan perusahaan pada saat acara berlangsung sangat antusias bertanya sekaligus berkomitmen untuk melindungi pekerjanya dengan BPJamsostek," ujarnya.

Ivan berharap kegiatan sosialisasi ini bisa dilakukan secara rutin agar semua perusahaan bisa mendapatkan informasi terkait BPJamsostek secara menyeluruh.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.