Dark/Light Mode

Kantongi Pendapatan Rp 705 Miliar

KAI Logistik Raih Penghargaan Indonesia Best BUMN Awards 2023

Sabtu, 30 September 2023 20:19 WIB
KAI Logistik sukses mengantongi pendapatan sebesar Rp 705 miliar dengan laba sebesar Rp 62 miliar hingga Agustus 2023. (Ilustrasi: Istimewa)
KAI Logistik sukses mengantongi pendapatan sebesar Rp 705 miliar dengan laba sebesar Rp 62 miliar hingga Agustus 2023. (Ilustrasi: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anak usaha PT Kereta Api Indonesia (Persero), KAI Logistik sukses mengantongi pendapatan sebesar Rp 705 miliar dengan laba sebesar Rp 62 miliar hingga Agustus 2023.

Dari sisi kinerja volume angkutan, KAI Logistik telah mengelola lebih dari 19 juta ton dengan kontributor terbesar pada layanan pengelolaan batubara sebesar 17 juta ton, angkutan kontainer 1,2 juta ton dan angkutan non kontainer 520.000 ton mencakup komoditi semen dan Limbah B3.

“Hingga Desember 2023, KAI Logistik memproyeksikan mampu membukukan pendapatan sebesar Rp 1,1 triliun dan laba komprehensif Rp 112 miliar dan aset Rp 987 miliar,” ucap Direktur Utama KAI Logistik  Ahmad Malik Syah dalam keterangan resmi, Sabtu (30/9).

Tak cuma itu, kinerja moncer juga diraih KAI Logistik di tahun 2022, dengan membukukan pendapatan sebesar Rp 1,016 triliun, dan laba tahun berjalan pada 2022 yang tumbuh 10 persen menjadi Rp 106 miliar, serta aset yang meningkat 5 persen menjadi Rp 847 miliar.

Baca juga : Ciptakan Energi Listrik Ramah Lingkungan, ABM Raih Penghargaan Tertinggi di Subroto Award 2023

Malik melanjutkan, dalam keandalan infrastruktur dan fasilitas, KAI Logistik juga menyediakan infrastruktur bongkar muat batu bara di Sumatra Selatan dengan menghadirkan conveyor belt system yang diintegrasikan dengan shiploader.

“Dengan shiploader berkapasitas 1.500 ton/jam tersebut, KAI Logistik mampu melakukan pemuatan batu bara ke tongkang dalam waktu 5-6 jam yang sebelumnya memerlukan waktu hingga 30 jam menggunakan dump truck,” ujarnya.

Tahun 2023, KAI Logistik juga memulai projek strategis seperti Pembangunan Coal Unloading Terminal Kramasan berkapasitas 20-40 juta ton per tahun, serta ekspansi layanan dengan menghadirkan Domestic Freight Forwarding Untuk memenuhi layanan logistik lintas pulau.

Atas kinerja yang terus tumbuh tersebut, KAI Logistik pun sukses meraih penghargaan Indonesia Best BUMN Awards 2023, kategori The Best SOE with Top Financial and Reliability in Handling Logistics Services.

Baca juga : Dorong Penerapan ESG, Garudafood Raih ‘Katadata Corporate Sustainability Awards 2023’

Penghargaan yang diselenggarakan oleh wartaekonomi.co.id ini, menjadi ajang apresiasi yang diberikan kepada BUMN terpilih, yang dinilai turut mendorong kontribusi pada perekonomian di Tanah Air.

Pria yang akrab disapa Malik ini mengatakan, perolehan penghargaan tersebut juga tak lepas dari beragam upaya dan langkah strategis perusahaan seperti digitalisasi dengan mobile aplikasi KAI Logistik Trax, serta mesin layanan mandiri untuk pengiriman paket.

“Pencapaian ini juga merupakan hasil dari kerja keras seluruh insan KAI Logistik (KALOGers), serta dukungan penuh dari shareholders dan stakeholders,” katanya.

Ia mengungkapkan, pencapaian ini juga ditopang oleh keandalan perseroan sebagai Badan Usaha Angkutan Multimoda dalam menangani jasa logistik dengan produk unggulan seperti KALOG Express, KALOG Plus dan KALOG Pro.

Baca juga : 1 Perak Dan 3 Perunggu, Indonesia Posisi Ke-8 Asian Games 2022

Adapun penghargaan Indonesia Best BUMN Awards 2023 dengan tema Growing Up Together in Transformative and Innovative Era ini diberikan setelah melihat kontribusi BUMN yang mengalami perkembangan dan memberikan stimulan positif bagi perekonomian di Indonesia.

Melalui penghargaan ini berbagai institusi BUMN dapat terus menguatkan strategi transformatif dalam kapabilitasnya melalui program dan inovasi yang dihadirkan.

Hal tersebut, membangun ekosistem bisnis yang semakin baik, serta mampu mengkonversikan berbagai peluang di segala situasi untuk memajukan perekonomian di Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.