Dark/Light Mode

Dorong Penerapan ESG, Garudafood Raih ‘Katadata Corporate Sustainability Awards 2023’

Rabu, 27 September 2023 12:49 WIB
Basuki Nur Rohman, Direktur PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Selasa (26/9). (Foto: Dok Garudafood)
Basuki Nur Rohman, Direktur PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Selasa (26/9). (Foto: Dok Garudafood)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk berkomitmen dalam mengutamakan praktik bisnis yang memerhatikan keberlanjutan lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan yang baik kembali mendapatkan apresiasi lewat penghargaan ‘Katadata Corporate Sustainability Awards (KCSA) untuk sektor Food & Beverages.

Penghargaan diterima secara langsung oleh Basuki Nur Rohman, Direktur PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Selasa (26/9).

Penilaian ini mempertimbangkan beberapa indikator, antara lain: program dan capaian terkait pengurangan emisi karbon, efisiensi energi dan air, pengelolaan limbah, pengelolaan lingkungan, sertifikasi ISO, peringkat Proper oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), serta program kepedulian sosial.

Baca juga : ABM Investama Sabet Penghargaan di IICD Corporate Governance Award 2023

Pengembangan metodologi serta penilaian kinerja perusahaan melibatkan beberapa panel ahli salah satunya adalah Maria Nindita Radyati, Ketua Gugus Tugas Sustainability KADIN.

“Penghargaan ini menjadi salah satu bentuk pengakuan atas upaya yang dilakukan Garudafood selama ini dan semakin memotivasi kami ke depannya dalam menjalankan bisnis yang memerhatikan keberlanjutan khususnya pada aspek Environment, Social, Governance (ESG)," ujar Direktur PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk. Basuki Nur Rohman dalam keterangannya, Rabu (27/9).

Menurutnya, penghargaan ini juga selaras dengan komitmen Garudafood sebagai perusahaan yang mengedepankan praktik dan prinsip berkelanjutan.

Baca juga : Perumda Pembangunan Sarana Jaya Raih Top Digital Corporate Brand Award 2023

Basuki menambahkan, Di tahun keduanya KCSA memberikan apresiasi untuk perusahaan di 7 sektor, yaitu finance-bank, mining, plantation, food & beverage, transportation & logistik, chemicals, dan energy.

Perusahaan dengan nilai atau skor terbaik di sektornya serta pemilik skor terbaik di masing-masing sub-kategori atau pilar penilaian akan mendapatkan penghargaan.

Lebih lanjut Basuki mengatakan, dalam rangka penerapan praktik keberlanjutan, Garudafood saat ini tengah mengembangkan green initiatives yang fokus pada upaya pengurangan emisi Gas Rumah Kaca sebagai dampak dari operasional bisnis melalui penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT).

Baca juga : 12 Media Raih Penghargaan ASDP Journalism Award 2023

"Garudafood juga mengelola dan mengurangi limbah operasional dalam berupaya agar limbah yang dihasilkan dikelola dengan ramah lingkungan dan seminim mungkin berakhir di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dengan menerapkan prinsip 4R (reduce, reuse, recycle, dan return to earth)," ujar Basuki.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.