Dark/Light Mode

Aktif Kembangkan Wirausaha Perempuan, Pengusaha Asal Indonesia Raih AWEN Awards

Senin, 11 September 2023 21:13 WIB
Salah satu penerima AWEN Awards adalah Rinawati Prihatiningsih, yang kini menjabat sebagai Co-Partner dan Chief Operating Officer di PT. Infinitie Berkah Energi. Foto: Istimewa
Salah satu penerima AWEN Awards adalah Rinawati Prihatiningsih, yang kini menjabat sebagai Co-Partner dan Chief Operating Officer di PT. Infinitie Berkah Energi. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 berlangsung meriah selama sepekan di Jakarta. Salah satunya adalah malam penganugerahan bagi perempuan pemilik dan pelaku usaha dalam acara bertajuk ASEAN Women Entrepreneurs’ Network (AWEN) Awards yang berlangsung di JW Marriott Hotel, Jakarta, Sabtu (2/9).

Acara prestisius ini berjalan dengan sukses dan meriah. AWEN Awards pertama kali digelar di Vietnam tahun 2014. Penghargaan ini bertujuan mengapresiasi perempuan pengusaha yang telah memberikan kontribusi signifikan dan mampu mengembangkan ekonomi di kawasan ASEAN secara luas.

Untuk tahun ini, penyelenggaraan AWEN Awards di Indonesia menjadi prestasi tersendiri. Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dengan penuh kehormatan memberikan langsung penghargaan tersebut.

Ia didampingi oleh Ketua Umum Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) dan Ketua AWEN, Nita Yudi. Acara ini juga disaksikan oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Teten Masduki dan Sekretaris Jendral ASEAN, Kao Kim Hourn.

Baca juga : Pelopori Kemitraan Transisi Energi Berkeadilan, Indonesia Dipuji Sekjen PBB

Salah satu penerima AWEN Awards adalah Rinawati Prihatiningsih, yang menjabat sebagai Co-Partner dan Chief Operating Officer di PT. Infinitie Berkah Energi.

Rinawati, akrab dipanggil Rina, selain di dunia usaha juga aktif di kegiatan sosial, sebagai Wakil Ketua Umum IWAPI, Wakil Ketua Komtap APEC dan Organisasi Ekonomi Internasional Bidang Hubungan Internasional di KADIN Indonesia, APINDO, juga Co-Chair G20 EMPOWER Indonesia.

Rina meraih kategori Mentorship berkat perannya yang aktif sebagai mentor dalam bidang kewirausahaan yang tergabung dalam ASEAN Mentorship for Entrepreneurs Network (AMEN).

Proyek AMEN bertujuan untuk mendirikan sistem Kemitraan Publik-Swasta Public-Private Partnership (PPP) yang membantu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mengakses 3M (Money/Pendanaan, Market/Pasar, dan Mentorship/Pelatihan) guna meningkatkan usaha mereka, keuntungan, dan keberlanjutan.

Baca juga : Bupati TTS Resmikan Teknologi Sederhana Pengubah Udara Jadi Air

Proyek ini disupervisi oleh Japan-ASEAN Integration Fund (JAIF), bersama dengan ASEAN Business Advisory Council (ASEAN BAC) dan Komite ASEAN untuk Koordinasi dengan fokus UMKM (ACCMSME).

Di Indonesia, AMEN bermitra dengan Kementerian Koperasi dan UKM serta KADIN Indonesia. Penghargaan AWEN 2023 ini menambahkan daftar penghargaan yang telah diterima Rina sepanjang kariernya, termasuk CEO Achievement Award 2022, Women of The Year 2022, dan Wanita Panutan 2017.

Dalam kesempatan yang bersejarah ini, Rinawati mengungkapkan bahwa fokusnya tidak hanya pada menjalankan bisnis untuk mencari keuntungan materi, tetapi juga pada komitmennya untuk membantu dan mendorong potensi sesama perempuan agar tidak tertinggal.

Sebaliknya, para perempuan dapat tumbuh dan menjadi bagian dari ketahanan dan kemajuan nasional, regional, dan global.

Baca juga : Dukung Kemajuan Olahraga, Pupuk Kaltim Raih Golden Siwo Award dari PWI Pusat

Hal ini dilakukannya melalui pelatihan dan program-program terkait pemberdayaan ekonomi perempuan yang telah dilaksanakan dan melibatkan berbagai pihak, termasuk organisasi ekonomi internasional.

"Saya mengucapkan terima kasih atas penghargaan AWEN yang telah diberikan kepada saya," kata Rina, dalam keterangannya, Senin (11/9).

Dikatakan, di tengah tantangan ekonomi global, dinamika geopolitik yang sangat berubah akibat pandemi, dan perubahan iklim yang semakin nyata, peran perempuan pengusaha dalam kawasan ASEAN dan transformasi digital yang inklusif adalah kunci pemberdayaan ekonomi. Terutama bagi perempuan pengusaha.

"Penghargaan ini saya dedikasikan untuk setiap perempuan yang berjuang untuk mengimbangi perkembangan teknologi dan ekonomi digital di tengah tantangan ketahanan pangan dan perubahan iklim. Saya berharap kita terus bersinergi, berbagi pengetahuan, dan membangun ASEAN yang kohesif, inklusif, dan sejahtera berkelanjutan," harap Rina.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.