Dark/Light Mode

HUT ke-74, KAI Kasih Kado Untuk Masyarakat

Jakarta-Bandung Kurang Dari 3 Jam? Naik KA Argo Parahyangan Excellence Aja...

Sabtu, 28 September 2019 18:30 WIB
Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro (kiri) bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan), menjajal Kereta Istimewa di sela perayaan HUT KAI ke-74 di Pusdiklat Ir H Djuanda, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (28/9). (Foto: Sri Nurganingsih/Rakyat Merdeka)
Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro (kiri) bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan), menjajal Kereta Istimewa di sela perayaan HUT KAI ke-74 di Pusdiklat Ir H Djuanda, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (28/9). (Foto: Sri Nurganingsih/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Banyak hal istimewa yang dilakukan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI, di perayaan HUT ke-74 yang jatuh pada Sabtu (28/9).

Selain meluncurkan Kereta Istimewa - yang disulap dari kereta diesel tak terpakai menjadi kereta mewah yang bisa disewa untuk berbagai keperluan -, KAI juga meluncurkan KA Argo Parahyangan Excellence.

KA Argo Parahyangan Excellence ini berbeda dengan KA Argo Parahyangan reguler. Bila dengan Argo Parahyangan reguler, Jakarta-Bandung dapat ditempuh dalam waktu 3,5 jam. Maka KA Argo Parahyangan Excellence, bisa memperpendeknya menjadi 2 jam 50 menit.

Tiket KA Argo Parahyangan Excellence yang mulai beroperasi pada 1 Oktober mendatang, dibandrol dengan tarif Rp150.000 untuk kelas Eksekutif, dan Rp110.000 untuk kelas Premium.

Baca juga : Jalan Tol Layang Rampung, Jakarta-Bandung Kurang Dari 3 Jam

KA Argo Parahyangan Excellence Rute Bandung-Gambir yang berangkat dari Stasiun Bandung setiap pukul 04.30 WIB dan tiba di Gambir pada pukul 07.20 WIB, memiliki kapasitas 200 tempat duduk Eksekutif dan 320 tempat duduk Premium.

Sedangkan Rute Gambir-Bandung yang berangkat dari Stasiun Gambir pada pukul 17.12 WIB dan tiba di Bandung pada pukul 20.02 WIB, memiliki kapasitas 400 tempat duduk.

"Kehadiran KA ini merupakan kado ulang tahun dari KAI, untuk masyarakat yang ingin menuju kota Bandung maupun Jakarta, dengan waktu tempuh di bawah 3 jam. Dengan adanya dua KA Argo Parahyangan Excellent ini, KAI total mengoperasikan 34 Jadwal KA Argo Parahyangan untuk kenyamanan para pelanggan," ungkap Edi.

Dalam momen HUT ke-74, KAI juga menandatangani berbagai nota kesepahaman (MoU) dengan beberapa instansi. Semisal dengan BUMN (Perum Perumnas dan PT Pindad Enjiniring Indonesia, LEN), pemerintah (Kementerian ESDM, Pemprov Bali, Pemkab Nganjuk dan Pemkot Tegal), perusahaan pengembang kawasan (PT Sarana Pembangunan Jawa Tengah, PT Mitra Abadi Utama, dan PT Griya Sukamanah Permai), perusahaan teknologi (Alstom, Gojek, Grab, Linkaja), hingga instansi lain seperti Bank BJB, BPN Banten, BNPB, dan B4T.

Baca juga : Kepala Daerah Wajib Jaga Keamanan Pemilu

“MoU tersebut dilakukan terkait pengembangan stasiun, peningkatan keselamatan, layanan baru kereta barang, pengembangan SDM, pengembangan sarana, dan lainnya,” ujar Edi.

Selain itu, KAI juga meresmikan berbagai inovasi baru seperti layanan Rail Express, untuk kemudahan pengiriman barang menggunakan kereta api, aplikasi pemantauan genset kereta untuk peningkatan keandalan sarana, aplikasi presensi online untuk peningkatan kinerja SDM KAI, dan aplikasi Teman Reska Chatbot dari PT Reska Multi Usaha.

“KAI tidak henti-hentinya menghadirkan inovasi. Selain untuk peningkatan kualitas layanan, inovasi juga ditujukan kepada internal. Sehingga, KAI mampu menghasilkan kinerja perusahaan yang semakin baik,” tambah Edi.

Berbagai upaya KAI untuk meningkatkan layanan perkeretaapian, diharapkan dapat berkontribusi besar dalam memajukan Indonesia di sektor transportasi massal.

Baca juga : Percepat Proses Bisnis Ekspor Produk Olahan Kakao, Kementan Berikan Ini

Sebagaimana kita ketahui, majunya sebuah negara bisa dilihat dari angkutan umum yang terkelola dengan baik.

“Kami yakin, pelayanan perkeretaapian yang semakin prima akan berimbas baik ke sektor pariwisata, ekonomi, dan lainnya. Maju terus perkeretaapian, maju terus Indonesia! Dirgahayu Kereta Api Indonesia,” tutup Edi. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.