Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

MotoGP Mandalika 2022 Raih Rp 4,5 Triliun, Tahun Ini Diharapkan Lebih

Selasa, 3 Oktober 2023 23:30 WIB
Konferensi pers MotoGP Mandalika 2023, di Jakarta Pusat, Selasa (3/10). (Foto: Dok. IMI)
Konferensi pers MotoGP Mandalika 2023, di Jakarta Pusat, Selasa (3/10). (Foto: Dok. IMI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) berharap, rangkaian balapan MotoGP Mandalika 2023 bisa lebih menggerakkan perekonomian Indonesia dibandingkan gelaran tahun sebelumnya.

Dia menerangkan, tahun lalu impact MotoGP luar biasa. Tidak hanya dirasakan warga Nusa Tenggara Barat (NTB), tapi juga sampai ke Bali.

Baca juga : MotoGP Mandalika 2023 Siap Digelar, Bamsoet Ajak Semua Beri Dukungan

“Perputaran tahun lalu itu 640 miliar dengan 100 ribu lebih penonton. Kita harapkan tahun ini bisa lebih meningkat karena tahun lalu adalah transisi Covid-19. Artinya harus lebih baik,” kata Bamsoet, dalam konferensi pers MotoGP Mandalika 2023, di Jakarta Pusat, Selasa (3/10), seperti dikutip Antara.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo menyampaikan hal senada. Dia berharap, MotoGP tahun ini tak hanya bisa mempromosikan pariwisata Lombok, tetapi juga bisa memberikan manfaat ekonomi secara langsung bagi Indonesia.

Baca juga : Siapkan Rp 2 Triliun Per Tahun, Pemerintah Serius Majukan Kebudayaan Indonesia

“Terkait MotoGP, tentunya kami berharap pencapaian tahun lalu yakni Rp 4,5 triliun bisa setidaknya sama atau bahkan lebih di tahun ini. Bisa berkontribusi bagi pariwisata Indonesia dan bagi pencapaian target-target pariwisata,” kata Angela, di kesempatan yang sama.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo berharap, rangkaian balapan MotoGP Mandalika bisa berlangsung dengan menarik dan kompetitif tanpa banyak drama seperti yang sempat terjadi di tahun sebelumnya.

Baca juga : ”Ini Hadiah Buat Para Guru”

“Kita tahu bahwa tahun lalu tantangannya besar. Ada homologasi sirkuitnya, kemudian hujan juga sampai ada Bu Rara (pawang hujan) dan segala macam. Tahun ini semoga tidak banyak drama. Kita ingin race-nya yang menarik dan kompetitif,” ujar Kartika.

MotoGP Mandalika 2023 akan diselenggarakan pada 13-15 Oktober 2025. Beda dengan balapan utama MotoGP Mandalika musim lalu yang dilaksanakan pada pukul 14.00 WIB, musim ini maju satu jam menjadi pukul 13.00 WIB.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.