Dark/Light Mode

PLN Kucurkan Bantuan Rp 75 Juta Untuk Korban Gempa Di Ambon

Minggu, 29 September 2019 12:10 WIB
PLN Kucurkan Bantuan Rp 75 Juta Untuk Korban Gempa Di Ambon

RM.id  Rakyat Merdeka - PT PLN (Persero) memberikan bantuan sebesar Rp 75.000.000 kepada para korban bencana gempa yang melanda Kota Ambon dan sekitarnya.

Bantuan diberikan dalam bentuk selimut, bahan sembako, air mineral hingga terpal.  Bantuan ini diserahkan oleh General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) Romantika Dwi Juni Putra kepada Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Maluku, Farida Salampessy. 

Penyerahan bantuan disaksikan oleh Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN Hambra pada hari Sabtu (28/9) di Kantor BPBD Provinsi Maluku.

"Bantuan ini merupakan wujud tanggung jawab sosial kami untuk membantu sesama guna meringankan beban para korban bencana gempa di Ambon dan sekitarnya, di samping kami juga berupaya memulihkan kembali sistem kelistrikan pasca gempa", ujar Romantika Dwi Juni Putra dalam rilis yang diterima RMco, Minggu (29/9/2019).

Baca juga : DPD Dorong Pemerintah Atasi Gempa Ambon

Dikatakan, total bantuan yang diserahkan melalui program PLN Peduli (CSR PLN) tersebut senilai Rp 75.000.000,-.

Ketua BPBD Provinsi Maluku Farida Salampessy mengucapkan terimakasihnya kepada PLN yang telah memberikan bantuan kepada para korban bencana gempa ini.

"Bantuan akan segera kami salurkan kepada para pengungsi dan juga korban gempa," ujarnya.

Selain itu, Yayasan Baitul Mal (YBM) PLN juga memberikan bantuan bagi 3 desa yang terdampak gempa di Ambon, yakni Desa Liang, Desa Tial dan Desa Tenga-Tenga. Bantuan ini juga akan diserahkan ke dusun-dusun yang terletak di sekitar 3 desa tersebut.

Baca juga : Ketua DPR Jenguk Mahasiswa Korban Kerusuhan di RS Pelni

Adapun bantuan yang diberikan YBM PLN yakni total senilai Rp 120.000.000,- dengan bantuan berupa sembako dan perlengkapan dapur.

Sudah Normal

Di samping memberikan bantuan melalui program PLN Peduli, PLN telah berhasil memulihkan 100 persen sistem kelistrikan di Ambon.

"Kini seluruh sistem kelistrikan di Ambon telah kembali pulih, dimana sebelumnya (27/9) masih menyisakan wilayah padam di Hirnala hingga Negeri Liang. Kami ucapkan terimakasih atas dukungan masyarakat kepada kami sehingga kami dapat menyelesaikan pekerjaan ini", ujar General Manager PLN UIW MMU Romantika Dwi Juni Putra.

Baca juga : Praka Zulkifli Jadi Korban Rusuh Di Wamena

Sedangkan untuk di Pulau Haruku, saat ini wilayah yang masih terdampak padam yakni Desa Haruku dan Desa Oma.

Hal ini salah satunya diakibatkan kendala dalam transportasi pengiriman material untuk mengganti material yang rusak ke lokasi akibat kapal yang tidak beroperasi sehingga diestimasikan perbaikan dapat dilaksanakan pada hari Senin (30/9). [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.