Dark/Light Mode

Listrik Blackout, PLN Siapkan Rp 865 Miliar Untuk Kompensasi

Selasa, 6 Agustus 2019 16:42 WIB
Ilustrasi pemeliharaan jaringan PLN. (Foto: Ist)
Ilustrasi pemeliharaan jaringan PLN. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PLN akan memberikan kompensasi kepada pelanggan yang terdampak matinya listrik (blackout) Jabodetabek dan sebagian Jawa. Dana yang disiapkan mencapai Rp 865 miliar.

Menurut Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Barat PLN, Haryanto WS, jumlah pelanggan yang akan diberikan kompensasi sebanyak 22 juta orang. Kompensasi akan dibayarkan pada September 2019.

Baca juga : Mati Listrik Massal, YLKI Minta Ada Kompensasi

“Kami akan berikan kompensasi di rekening Agustus yang dibayar September," ujarnya di Kantor Kementerian Perdagangan (Kemendag) Jakarta, Selasa (6/8).

Menurut dia, kompensasi diberikan kepada pelanggan industri maupun rumah tangga‎. Baik prabayar maupun pascabayar. Untuk pascabayar, nantinya kompensasi akan mengurangi tagihan. Untuk prabayar, kompensasi nantinya akan menambah jumlah saldo.

Baca juga : Mati Listrik Massal, PLN Hitung Kompensasi Buat Warga

“Sesuai ketentuan kalau lampaui 10 persen dari TMP (Tingkat Mutu Pelayanan) langsung kita kenakan kompensasi,” kata Haryanto.

Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kemendag, Veri Anggriono mengatakan, akan mengawal pembayaran kompensasi tersebut.

Baca juga : Mati Listrik Massal, YLKI Minta PLN Ganti Kerugian Riil Konsumen

Menurutnya, kejadian ini melanggar Undang Undang Perlindungan Konsumen.

"Di Undang-Undang Perlindungan Konsumen itu hukumannya memang ganti rugi, dan ada komitmen dari PLN," tukasnya. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.