Dark/Light Mode

Siap Luncurkan Kereta Suite Class Compartment, Inovasi KAI Nggak Ada Matinya

Rabu, 4 Oktober 2023 16:03 WIB
Dirut KAI Didiek Hartantyo (kiri) dan CEO Rakyat Merdeka Group Kiki Iswara Darmayana, di tengah acara Joy Ride Kereta Suite Class Compartment rute Jakarta Gambir-Cirebon Pp, Rabu (4/10/2023). (Foto: Firsty Hestyarini/Rakyat Merdeka/RM.id)
Dirut KAI Didiek Hartantyo (kiri) dan CEO Rakyat Merdeka Group Kiki Iswara Darmayana, di tengah acara Joy Ride Kereta Suite Class Compartment rute Jakarta Gambir-Cirebon Pp, Rabu (4/10/2023). (Foto: Firsty Hestyarini/Rakyat Merdeka/RM.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI terus melakukan layanan inovasi perkeretaapian. Setelah Sleeper Train, Kereta Panoramic yang menyuguhkan pemandangan lebih luas, KAI kini bersiap meluncurkan Kereta Suite Class Compartment rute Jakarta Gambir-Surabaya Gubeng lewat jalur selatan pada 6 Oktober mendatang.

Kereta Suite Class Compartment adalah inovasi baru KAI yang memadukan kemewahan dan kenyamanan, dengan fasilitas futuristik.

Kereta ini terdiri dari satu gerbong khusus, yang memiliki 16 kompartemen, dengan privasi lebih.

Setiap penumpang, menghuni satu compartment mirip kamar dengan pintu yang bisa buka tutup secara otomatis. Kursi model reclining yang bisa disesuaikan derajat kemiringannya, baik untuk sandaran kepala, kaki, atau badan. Kursi ini juga berfungsi sebagai kursi pijat.

Baca juga : Toyota Luncurkan New Corolla Altis, Ini Kelebihan Dan Harganya

Ada tray yang bisa menjadi meja makan atau meja kerja, muat ukuran laptop, dan tempat botol minum. Setelan lampu, AC, dan tirai bisa disesuaikan dengan tombol otomatis.

Fasilitas hiburan dengan headset seperti di pesawat terbang juga tersedia.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo menjelaskan, untuk tahap awal, Kereta Suite Class Compartment ini dirangkaikan dengan KA Bima Reborn relasi Jakarta Gambir-Surabaya Gubeng dan KA Argo Semeru untuk rute sebaliknya.

"Kita pakai Kereta Bima untuk nostalgia. Kereta Bima kita revitalisasi lagi," ujar Didiek.

Baca juga : IFM Luncurkan Chitato Lite Varian Rumput Laut Panggang

Asal tahu saja, Kereta Bima adalah sleeper train pertama milik Indonesia. Kereta ini beroperasi pada 1 Juni 1967 dengan rute Jakarta Gambir - Surabaya Gubeng.

Kereta ini tak bertahan lama. Tahun 1995, kereta ini berubah jadi gerbong eksekutif duduk. 

Harga Tiket

Didiek memastikan, tiket Kereta Suite Clasa Compartment lebih mahal dibanding Kereta Kelas Luxury seperti Taksaka Luxury dan Gajayana Luxury.

"Yang pasti, harganya di atas Luxury," kata Didiek.

Baca juga : KASI Bikin Kemitraan Korea Selatan-Indonesia Makin Menjanjikan

Sebagai gambaran, harga tiket kereta Taksaka Luxury rute Jakarta Gambir-Solo Balapan paling murah dibanderol Rp 950 ribu.

Sedangkan harga tiket kereta Gajayana Luxury rute Jakarta Gambir - Malang dipatok antara Rp 1.030.000-Rp 1.525.000.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.