Dark/Light Mode

Permintaan Hybrid Meningkat, Ekspor Toyota Naik 2,5 Persen

Rabu, 18 Oktober 2023 15:22 WIB
Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Nandi Julyanto dan Wakil Presiden Direktur (TMMIN) Bob Azam di Trade Expo Indonesia di ICE BSD, Rabu (18/10). (Foto: Ist)
Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Nandi Julyanto dan Wakil Presiden Direktur (TMMIN) Bob Azam di Trade Expo Indonesia di ICE BSD, Rabu (18/10). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Toyota Indonesia mencatatkan pencapaian ekspor sebesar 213.901 unit sepanjang Januari-September 2023 berdasarkan data Gaikindo. Jumlah ini naik 2,5 persen dibanding periode sama tahun 2022 yang mencapai 208.775 unit.

Gaikindo juga mencatatkan kinerja ekspor CBU sebanyak 379.498 unit periode Januari-September 2023. Toyota Indonesia menyumbangkan 56 persen pencapaian kinerja total ekspor dari kendaraan bermerek Toyota, yang termasuk di dalamnya Hybrid Electric Vehicle (HEV) Kijang Innova Zenix dan Yaris Cross.  

Baca juga : PAN Pede Nembus 10 Persen

Toyota mencatat, 39.000 unit Kijang Innova Zenix dan Yaris Cross yang sudah dilengkapi dengan varian elektrifikasi diterima dengan baik di pasar domestik hingga internasional.

Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Bob Azam mengatakan, kendaraan berteknologi ICE hingga elektrifikasi sebagai produk berteknologi tinggi ramah lingkungan buatan anak bangsa memperoleh penerimaan baik dari para konsumennya. Bahkan varian elektrifikasi Kijang Innova Zenix dan Yaris Cross menorehkan peningkatan permintaan di beberapa negara tujuan ekspor diantaranya Kawasan ASEAN, GCC, Central South America, dan Oceania. 

Baca juga : Go Global, Devisa Hasil Ekspor BNI Naik 66 Persen

“Selain memperkuat struktur industri otomotif nasional, semakin banyaknya permintaan ekspor kendaraan elektrifikasi juga meningkatkan peran Indonesia sebagai salah satu basis terbesar aktivitas produksi dan ekspor kendaraan Toyota di kancah global,” kata  Bob Azam, ditemui usai pembukaan Trade Expo Indonesia (TEI) ICE BSD, Rabu (18/10/2023).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.