Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Wapresdir Toyota: Ekspor Otomotif Jadi Penopang Neraca Perdagangan RI

Rabu, 18 Oktober 2023 15:28 WIB
Ekspor mobil Toyota. (Foto: Ist)
Ekspor mobil Toyota. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Bob Azam mengatakan, di tengah ketidakpastian ekonomi global, kinerja ekspor industri otomotif menjadi salah satu pilar kuat yang dapat menopang performa neraca dagang positif bagi Pemerintah Indonesia. 

Menurut dia, peran industri otomotif nasional sebagai industri padat karya menjadi begitu penting. Selain itu, pencapaian ekspor industri otomotif nasional merupakan potensi besar bagi bangsa Indonesia yang kedepannya dapat terus berkembang dan meningkat kontribusinya bagi neraca dagang Pemerintah. 

Baca juga : Generasi Muda Didorong Jadi Garda Terdepan Pengusung Toleransi dan Perdamaian

“Hal ini menunjukkan kekuatan SDM nasional yang tidak hanya unggul dalam bentuk populasi saja, namun juga berdaya saing tinggi karena berhasil menghasilkan produk-produk otomotif berteknologi tinggi ke pasar global,” ujarnya ditemui usai pembukaan Trade Expo Indonesia (TEI) ICE BSD, Rabu (18/10/2023).

Menurut dia, industri otomotif nasional adalah industri kompetitif yang menyerap ratusan ribu tenaga kerja dan menyumbangkan hingga 4 persen dari total Gross Domestic Bruto (GDP). Sehingga perekonomian dalam negeri menjadi lebih kuat karena berhasil mengutilisasai banyak tenaga kerja sebagai karakteristik bangsa Indonesia yang padat penduduk. 

Baca juga : Polresta Malang Kota Bongkar Sindikat Perdagangan Bayi

Bahkan berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah penduduk Indonesia sudah mencapai 278,69 juta jiwa di pertengahan tahun 2023. Jumlah tersebut naik 1,05 persen dari tahun sebelumnya sebanyak 275,77 juta jiwa.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.