Dark/Light Mode

Hadiri High Level Forum

Jokowi Pamer Pembangunan Konektivitas Di Dalam Negeri

Jumat, 20 Oktober 2023 07:10 WIB
(Foto: BPMI Setpres)
(Foto: BPMI Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi memanfaatkan High Level Forum sebagai ajang promosi keberhasilan Pemerintah Indonesia dalam membangun infrastruktur dan konektivitas selama sembilan tahun terakhir. Konektivitas dinilai penting karena membawa banyak manfaat.

High Level Forum tahun ini mengangkat tema “Connectivity in an Open Global Academy”. Acara digelar di China National Convention Center, Beijing, Rabu (18/10) siang. Dalam pidatonya, Jokowi menyampaikan empat hal penting dalam membangun konektivitas di sebuah negara.

Pertama, harus memberikan manfaat ekonomi. Kedua, harus dilakukan merata dan inklusif. Ketiga, memperhatikan aspek keberlanjutan. Keempat, harus didukung pengembangan sumber daya manusia dan alih teknologi.

Baca juga : Di China, Jokowi Paparkan Jurus Jitu Dalam Pembangunan Konektivitas

“Keempat hal tersebut meru­pakan sebuah landasan dalam kerja sama Belt and Road Initia­tive (BRI) untuk pembangunan konektivitas,” kata Jokowi.

Menurut eks Wali Kota Solo itu, BRIdapat menjadi solusi bagi pengembangan konektivitas dan berkontribusi bagi perdamaian di kawasan untuk menciptakan kemakmuran bersama.

Dia meyakini, pembangunan konektivitas merupakan jalan ke­makmuran bagi sebuah negara.

Baca juga : Jokowi Paparan 4 Hal Penting Dalam Pembangunan Konektivitas

“Selama sembilan tahun sam­pai akhir 2023, Indonesia telah membangun lebih dari dua ribu kilometer jalan tol, dan jalan non-tol, pelabuhan-pelabuhan baru dan bandara,” jelasnya.

Selain membangun infrastruktur besar, Jokowi juga memamerkan Indonesia membangun konek­tivitas melalui pembangunan infrastruktur kecil yang tersebar di seluruh desa di Tanah Air.

“Ada lebih dari 320 ribu kilo­meter jalan desa, 1,7 juta meter jembatan dan lain-lainnya,” im­buhnya.

Baca juga : Raih Award, Harita Nickel Fokus Garap Industri Pertambangan Dan Hilirisasi Nikel

Selain membangun konektivi­tas fisik, Jokowi juga menjelas­kan, Indonesia terus memper­luas konektivitas digital untuk menjangkau daerah terluar atau perbatasan.

Selain itu, pembangunan fasilitas pelayanan masyarakat juga terus dibangun, seperti fasilitas kesehatan dan pendidikan.

“Semua itu dapat mendong­krak daya saing ekonomi dan investasi Indonesia, serta men­jadi fundamental pertumbuhan yang kokoh dan berkelanjutan,” ujar Jokowi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.