Dark/Light Mode

Kirana Megatara Raih Sertifikasi FSC Pertama di Indonesia

Jumat, 20 Oktober 2023 16:24 WIB
Kirana Permata saatvmemperoleh pengakuan internasional dari lembaga sertifikasi Forest Stewardship Council (FSC). (Foto: Istimewa)
Kirana Permata saatvmemperoleh pengakuan internasional dari lembaga sertifikasi Forest Stewardship Council (FSC). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Sebagai informasi, Forest Stewardship Council (FSC) adalah sebuah organisasi internasional independen, non-profit, non-pemerintah yang didirikan tahun 1993 dan berkantor pusat di Bonn, Jerman dan masuk di Indonesia tahun 2013.

FSC dibentuk untuk mendukung dan mempromosikan manajemen hutan bertanggung jawab (responsible forest management) terhadap pengelolaan hutan di dunia yang layak secara lingkungan bermanfaat secara sosial.

Baca juga : Sharp Kenalkan Penjernih Udara Purefit series Ke Pasar Indonesia

Salah satu sertifikasi FSC yang banyak digunakan adalah Chain of Custody (CoC) atau lacak balak yaitu sertifikat untuk rantai pengolahan hasil hutan baik kayu dan non kayu.

Sertifikat CoC ini digunakan untuk meningkatkan reputasi bisnis/perusahaan dalam memproduksi ataupun menjual hasil hutan, sebab saat ini konsumen semakin peduli dengan memilih produk yang berasal dari sumber yang bertanggung jawab.

Baca juga : Bank Mega Fasilitasi Layanan Perbankan Holding IFG

Mitra kelompok petani karet PT Kirana Permata, sebagai pengelola perkebunan bersertifikat FSC, akan mendapat nilai tambah yaitu peningkatan nilai jual karet alam oleh perusahaan ban.

Hal Ini dikarenakan konsumen produk tipe Standar Indonesian Rubber (SIR) adalah perusahaan ban ternama yang menghargai upaya para petani karet khususnya yang telah menerapkan tata-kelola kebun secara bertanggung jawab dan berkelanjutan sesuai dengan persyaratan wajib FSC.

Baca juga : Zhao Leji Apresiasi Peningkatan Kerja Sama Dengan Indonesia

"Pencapaian ini akan menunjang upaya global dalam menciptakan rantai nilai industri berbasis karet alam yang melestarikan lingkungan hidup," ujar Martinus.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.