Dark/Light Mode

Top! Tim Airport Security Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Juara RASCO 2023

Rabu, 25 Oktober 2023 12:19 WIB
Tim Airport Security dari Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali berhasil keluar sebagai juara dalam kegiatan Regional Airport Security Scale Up Competition (RASCO) 2023. (Dok. AP1)
Tim Airport Security dari Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali berhasil keluar sebagai juara dalam kegiatan Regional Airport Security Scale Up Competition (RASCO) 2023. (Dok. AP1)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim Airport Security dari Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali berhasil keluar sebagai juara dalam kegiatan Regional Airport Security Scale Up Competition (RASCO) 2023.

Tim Airport Security Bandara Bali berhasil mengalahkan perwakilan dari Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dalam babak Final Stage.

Baca juga : Top! Direktur Keuangan PGE Raih Penghargaan Indonesia Best CFO 2023

Tim Airport Security Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali yang berhasil memenangi kompetisi RASCO 2023 diwakili oleh Gede Eka Sanjaya, Ni Wayan Sukarmiasih, Ni Komang Diah K. RASCO adalah ajang kompetisi yang digelar untuk menguji kompetensi, pengetahuan, dan pemahaman personel Airport Security di lingkungan bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I (AP1) mengenai regulasi nasional dan internasional terkait keamanan penerbangan dan bandara.

Sebelum memasuki babak Final Stage, sebelumnya telah dilaksanakan babak Play-Off Stage secara online pada 4 Oktober lalu yang diikuti oleh tim Airport Security dari 15 bandara AP1 untuk menentukan 8 tim terbaik yang melaju ke babak Semifinal.

Baca juga : Personel Airport Security AP1 Saling Uji Tangkas Di RASCO 2023

Babak Semifinal digelar pada 11 Oktober secara online untuk menentukan 3 tim terbaik yang bertanding di Final Stage.

"Personel Airport Security memegang peranan penting sebagai garda terdepan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan di bandara. Pelaksanaan kegiatan RASCO ini dimaksudkan agar para personel Airport Security di lingkungan AP1 terus mengembangkan kompetensi mengenai aspek keamanan penerbangan. Pelaksanaan kegiatan ini juga merupakan bagian dari Program Transformasi Perusahaan, khususnya pilar Organization and Culture," ujar Direktur Operasi AP1 MMA Indah Preastuty.

Baca juga : Hemat Energi, Bandara Banyuwangi Sabet Subroto Award 2023

Indah juga menyampaikan, saat ini sebanyak 7 bandara AP1 telah memperoleh sertifikasi "Excellent" pada Airport Excellence (APEX) in Security dari organisasi kebandarudaraan dunia Airport Council International (ACI).

"Secara framework, standar keamanan bandara yang kami terapkan di 15 bandara telah sesuai dengan standar parameter yang ditetapkan dalam ICAO Annex dan ICAO Document. Dalam kaitannya, kompetisi ini ditujukan untuk menyelaraskan pemahaman personel Airport Security terhadap regulasi dan standar keamanan yang berlaku secara global," lanjut Indah.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.