Dark/Light Mode

Hari Pertama Beroperasi Penuh, Bandara Kertajati Layani 7 Rute

Senin, 30 Oktober 2023 06:45 WIB
Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi bersama Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmudin (ketiga kanan) dan President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin (kanan) meninjau langsung pengoperasian secara penuh Bandara Internasional Jawa Barat BIJB Kertajati di Kabupaten Majalengka, Minggu (29/10/2023).
Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi bersama Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmudin (ketiga kanan) dan President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin (kanan) meninjau langsung pengoperasian secara penuh Bandara Internasional Jawa Barat BIJB Kertajati di Kabupaten Majalengka, Minggu (29/10/2023).

RM.id  Rakyat Merdeka - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka mulai beroperasi penuh pada Minggu (29/10/2023) usai seluruh penerbangan pesawat jet dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung pindah.

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengatakan pihaknya sudah meninjau persiapan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati jelang pengoperasian secara penuh.

Berdasarkan hasil peninjauan tersebut, Bey menyatakan bahwa persiapan BIJB Kertajati untuk beroperasi penuh sudah 100 persen.

Oleh karenanya ia mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan hadirnya bandara yang menjadi kebanggaan warga Jabar tersebut.

Baca juga : Bisa Layani Pesawat Besar, 30 Persen Jemaah Umroh Di Soetta Pindah Ke Kertajati

Terlebih akses ke Kertajati pun sangat mudah dan cepat melalui Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

"Tadi saya dari Bandung sejam ke sini. Kalau naik Damri 1,5 jam, tapi ke Jakarta bisa lebih dari dua jam," tuturnya.

Pada awal pengoperasian penuh ini Bandara Kertajati melayani tujuh rute penerbangan, yaitu ke Balikpapan, Banjarmasin, Batam, Denpasar, Makassar, Medan dan Palembang, termasuk rute penerbangan mancanegara dari dan ke Kuala Lumpur, Malaysia.

Selain Air Asia, maskapai Citilink dan Super Air Jet sudah melayani penerbangan di Kertajati.

Baca juga : Kertajati Operasi Penuh, Angkasa Pura ll Genjot Penerbangan Umrah

Bey mengatakan, untuk lebih mengoptimalkan operasional Kertajati, pihaknya sudah menginstruksikan ASN di Jabar untuk bepergian menggunakan Bandara Kertajati sekaligus kepada ASN di wilayah Jawa Tengah, khususnya daerah yang berbatasan dengan Jabar.

Ia optimistis aktivitas Bandara Kertajati akan lebih ramai dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Hal tersebut akan berdampak pada meningkatkan geliat pariwisata, khususnya di kawasan Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi lewat kerja sama semua pihak kini Bandara Kertajati bisa beroperasi secara penuh dengan volume penerbangan relatif tinggi.

Baca juga : AirAsia, Maskapai Pertama Layani Rute Kertajati-Denpasar

"Akhirnya secara resmi kita melakukan penerbangan di Kertajati dengan volume yang relatif baik untuk operasional bandara pertama kalinya, yaitu 20 take off - landing, ini volume yang banyak," jelas Budi.

Menurutnya, sudah seharusnya Jabar memiliki bandara besar seperti Kertajati mengingat populasi Jabar adalah terbesar se-Indonesia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.