Dark/Light Mode

Toyota Pamerkan Ragam Mobility Solution Di Japan Mobility Show 2023

Rabu, 1 November 2023 11:52 WIB
Booth Toyota di Japan Mobility Show. (Foto: Ist)
Booth Toyota di Japan Mobility Show. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perhelatan Japan Mobility Show (JMS) 2023 digelar di Tokyo Big Sight Jepang, 26 Oktober–5 November 2023. Transformasi dari Tokyo Motor Show ini merupakan showcase dari pergeseran visi perusahaan otomotif Jepang menjadi mobility company.

Dengan tema Let's Change the Future of Cars―Find Your Future, Toyota Motor Corporation (TMC) memberikan kesempatan kepada pengunjung JMS 2023 untuk melakukan kolaborasi dan merasakan kehidupan dalam future mobility society melalui pengalaman berkesan yang dapat dinikmati oleh semua orang serta kostumisasi mobility vehicle. Berbagai konsep mobilitas yang unik dan inovatif dipamerkan untuk menunjukkan cara Toyota menerjemahkan Toyota Mobility Concept untuk memperluas value dan manfaat dari mobilitas masa depan bersama tujuan mencapai netralitas karbon.

“Toyota memanfaatkan momen berharga Japan Mobility Show 2023 untuk memperkenalkan mobility solution berlandaskan Toyota Mobility Concept yaitu Electrification, Intelligence, dan Diversification dengan target memenuhi Carbon Neutrality dan Expanding the Value of Mobility,” terang President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Hiroyuki Ueda.

Sejalan visi Mobility for All, kata Ueda, Toyota ingin menunjukkan cara membantu menciptakan mobilitas masa depan yang sesuai kebutuhan dan kemampuan setiap individu didasarkan tema Finding Your Future of Mobility. “Tidak terbatas mobil mewah atau murah, pure BEV atau ICE rendah emisi, mobil penumpang atau komersial, semuanya dihadirkan untuk mendukung keberagaman pilihan mobilitas semua orang,” ujarnya.

Pilar pertama Toyota Mobility Concept adalah Electrification & Carbon Neutrality yang diwujudkan dalam multi-pathway strategy. Toyota menghadirkan kendaraan elektrifikasi (xEV) berteknologi Hybrid Electric Vehicle  (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) dan Battery Electric Vehicle (BEV). Setiap teknologi xEV memiliki keunggulannya masing-masing sehingga dapat disesuaikan dengan keinginan dan kemampuan masyarakat. Termasuk variasi pilihan eco friendly vehicle Toyota yang lengkap membuat pelanggan dapat berperan aktif dalam mengurangi emisi karbon dengan cara yang paling sesuai keinginan dan kemampuannya.

Pilar kedua, kata dia, Intelligence yang diwujudkan dengan memperluas konektivitas antara mobil dan masyarakat atau konsumen penggunanya. Toyota senantiasa melakukan update perkembangan teknologi, layanan yang semakin cerdas, realtime management, bahkan menawarkan kustomisasi “ride feel” dari kendaraan produksinya. Salah satu bentuk layanan yang semakin cerdas hasil olahan Toyota Indonesia adalah fitur T Intouch pada aplikasi mToyota. T Intouch membuat hubungan antara mobil dan penggunanya dapat berlangsung mudah dan real time, cukup dengan klik di layar ponsel.

Pilar terakhir, Diversification yang meliputi pengembangan atau penganekaragaman mobil yang diproduksi dan sarana mobilitas non mobil, serta penganekaragaman sumber energi yang digunakan, baik energi untuk kegiatan proses produksi maupun energi yang digunakan oleh kendaraan hasil produksi. Bentuk diversifikasi pada produk Toyota di Indonesia adalah Rangga Concept yang bakal melayani mobilitas pelanggan bisnis dan private dengan kebutuhan yang beragam dan kompleks. Ketiga pilar tersebut merupakan guidance komitmen Toyota dalam menghadirkan sarana mobilitas bagi masyarakat dunia.

Di booth Toyota, pengunjung dapat menikmati kesempatan untuk merasakan kehidupan dalam mobility society of the future melalui pertunjukan yang dapat dinikmati oleh semua orang. Seperti kesempatan untuk kustomisasi kendaraan mobilitas dan racing simulator dengan kontrol yang sepenuhnya dioperasikan melalui tangan.

Berikut beberapa wujud Toyota Mobility Concept di stand Toyota di JMS 2023:

Baca juga : Astra Property Gelar Pameran Seni Tahunan, Living First - CreArt 2023

Lexus World

Tema booth Lexus adalah Pushing the Boundaries of the Electrified Experience yang menampilkan jajaran mobil konsep BEV untuk mempersiapkan transformasi menjadi merek BEV sepenuhnya pada tahun 2035. LF-ZC (Lexus Future Zero-emission Catalsyt), model yang dipersiapkan menjadi katalisator bagi pengalaman baru di era listrik, termasuk dinamika berkendara yang tinggi, desain tanpa kompromi, dan layanan eksklusif baru. LF-ZL yang memberikan gambaran tentang masa depan di mana mobilitas dan masyarakat saling terhubung dengan sempurna. Menawarkan pengalaman pelanggan yang sangat personal dengan kendaraannya.

FT-3e dan FT-Se

Kedua concept vehicle tersebut, SUV FT-3e dan FT-Se yang sporty garapan GAZOO Racing, akan menghadirkan masa depan yang di-endorse oleh pilar mobilitas Electrification dan Intelligence, serta nilai pengalaman baru yang dapat ditawarkan oleh mobil masa depan.

KAYOIBAKO

Kata Kayoibako mengacu pada shipping containers. Mengadopsi pendekatan ini, Kayoibako adalah konsep ruang kompak baru yang mewakili masa depan mobilitas. Dengan desain ultra-expandable yang memungkinkan penyesuaian untuk memenuhi berbagai peran, Battery Electric Vehicle (BEV) ini sanggup mendukung beragam aplikasi.

IMV0

Toyota memperkenalkan commercial concept vehicle IMV0 (International Multi-purpose Vehicle 0) sebagai solusi mobilitas untuk memenuhi visi masa depan Toyota di segmen komersial dengan kemampuan kostumisasi yang sangat luas demi mewujudkan customized mobility.

Rangga Concept

Baca juga : Toyota Rangga Concept Hadir Di Japan Mobility Show 2023

Rangga Concept merupakan implementasi dari pilar mobilitas Toyota global yakni Diversification. Berpegang pada kedua pilar tersebut, Rangga Concept siap meneruskan legacy Kijang Pick Up yang begitu fleksibel ketika dikonversi menjadi berbagai kendaraan niaga serbaguna. PT Toyota-Astra Motor (TAM) memajang Tukuliling sebagai Rangga Concept Mobile Café hasil kerja sama dengan Toko Kopi Tuku.

Land Cruiser Se

Membawa nama legendaris Land Cruiser, BEV ini menawarkan performa berkendara berlimpah torsi yang unik bersama desain yang elegan dan penuh gaya.

EPU

Pick up masa depan berukuran menengah ini ditenagai teknologi BEV dengan panjang lebih dari 5 meter dan desain double cabin. Bagian belakang kabin terhubung dengan dek untuk mengakomodasi beragam preferensi pengguna dan mendukung berbagai gaya hidup mobilitas, termasuk aktivitas luar ruangan.

Land Hopper

Three-wheeled electric personal mobility concept ini memiliki dua roda depan yang membuka kemungkinan transportasi baru. Desain dapat dilipat memudahkan penyimpanan meski dengan ruang bagasi mobil yang terbatas. Land Hopper memperluas cakupan perjalanan pengguna dan mendukung kemandirian di berbagai tahap kehidupan, termasuk sebagai mobilitas para lansia.

JUU

Kursi roda elektrik ini merupakan konsep mobilitas baru yang dirancang untuk menawarkan kebebasan bepergian ke manapun tanpa bantuan. JUU memperluas dunia pengguna di mana pelanggan bisa menavigasi secara bebas tempat-tempat yang sulit diakses oleh kursi roda, termasuk naik-turun tangga serta secara otomatis mampu mempertahankan postur optimal dan dapat melangkah hingga ketinggian 16 cm.

Baca juga : Sejumlah Pelari Merasakan Kesegaran Le Minerale Pada Jakarta Marathon 2023

Space Mobility

Kendaraan eksperimental ini bertujuan untuk menciptakan mobilitas yang digunakan di luar angkasa khususnya di bulan. Fokus pengembangan pada teknologi sistem penggerak, setiap roda Space Mobility dilengkapi dengan motor listrik dan kemudinya sendiri sebagai bagian dari spesifikasi yang dikembangkan untuk memberikan pengendaraan yang aman dan andal, bahkan di lingkungan luar angkasa yang berat dan tak kenal ampun. Space Mobility menggunakan tenaga listrik dan mampu melewati bebatuan setinggi 50 cm dan mendaki lereng terjal 25 derajat.

NEO Steer

NEO adalah singkatan dari New Era Operating. Toyota sedang mengembangkan teknologi baru yang memungkinkan pengemudi mengendalikan kendaraan tanpa pedal gas atau rem, termasuk dalam posisi berdiri atau dari kursi roda. Konsep kokpit baru ini mengintegrasikan fungsi pedal gas dan rem ke dalam kemudi yang memperluas ruang pandang serta memastikan kelancaran masuk dan keluar kendaraan.

Capsule Bar

Bagian belakang kendaraan konsep komersial IMV0 dikreasikan secara khusus sebagai sebuah Capsule Bar. Pengunjung dapat menjawab pertanyaan sederhana untuk menerima merchandise Toyota, di mana kapsul tersebut berisi sembilan miniatur mobil Toyota dan item rahasia sebagai hiburan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.