Dark/Light Mode

J Trust Bank Tampilkan Komitmen pada SDGs di ASEAN-Japan Fair 2023

Minggu, 8 Oktober 2023 18:38 WIB
Keikutsertaan J Trust Bank dalam ASEAN-Japan Fair. (Foto: J Trust Bank)
Keikutsertaan J Trust Bank dalam ASEAN-Japan Fair. (Foto: J Trust Bank)

RM.id  Rakyat Merdeka - Memperingati 50 tahun kerja sama dan persahabatan ASEAN-Jepang, Japan-ASEAN Integration Fund (JAIF) mengadakan ASEAN-Japan Fair, di Plaza Senayan. Acara digelar mulai 29 September hingga 1 Oktober 2023. J Trust Bank menjadi satu peserta mewakili kelompok pelaku usaha/perusahaan Jepang yang ada di Indonesia pada acara tersebut.

Dengan mengangkat tema “Better Me for a Better Ocean”, J Trust Bank menampilkan komitmennya untuk berkontribusi dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDG’s) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, khususnya nomor 8 “Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi”, nomor 14 “Kehidupan Bawah Laut”, dan nomor 17 “Kemitraan untuk Mencapai tujuan”. 

Baca juga : Karya UMKM Binaan Peruri Pameran Laku Keras di China - ASEAN Expo 2023

Sejak 2021, J Trust Bank bekerja sama dengan Suku Dinas Ketenagakerjaan, Energi, dan Transmigrasi Kota Jakarta Selatan memfasilitasi pelatihan pengelolaan limbah tekstil bagi puluhan perempuan penjahit rumahan. Pada 2023 diadakan pelatihan intensif up-cycling produk dengan menggandeng Setali Indonesia sebagai upaya mengurangi sisa produksi berupa limbah tekstil berakhir di laut.

Direktur Utama J Trust Bank Ritsuo Fukadai menyampaikan, sebagai bagian dari pelaku usaha global, J Trust Bank menyadari adanya dampak negatif pada lingkungan yang dihasilkan dari berkembangnya industri fashion di Indonesia. 

Baca juga : Ketua Kontingen Basuki Targetkan 12 Medali Emas Di Asian Games 2023

“Merespons permasalahan limbah tekstil yang menjadi polutan nomor 2 di laut, J Trust Bank menginisiasi langkah sederhana melalui peningkatan kapasitas pelaku usaha dalam menghasilkan produk up-cycling dari limbah tekstil. Sekaligus melakukan edukasi kepada individu dan masyarakat mengenai pentingnya konsumsi fashion yang bertanggung jawab,” ucapnya, dalam keterangan yang diterima redaksi, Minggu (8/10).

Perwakilan Mission of Japan to ASEAN Tsunezuka Itsumi menyampaikan, keikutsertaan J Trust Bank pada ASEAN-Japan Fair telah memberikan pengaruh yang positif pada keseluruhan acara. J Trust Bank mampu mengedukasi masyarakat mengenai pengelolaan limbah khususnya tekstil demi kelestarian laut, mampu menarik perhatian pengunjung melalui aktivasi tukar baju layak pakai dengan produk up-cycling dengan dekorasi yang menarik yang semuanya menggunakan limbah tekstil.

Baca juga : Road To COP28, PLN Tegaskan Komitmen Bangun Ekosistem EBT di Festival LIKE 2023

Komitmen J Trust Bank pada aspek keberlanjutan seiring dengan kinerja positif J Trust Bank. Sesuai laporan keuangan kuartal II-2023, J Trust Bank mencatatkan laba bersih sebesar Rp 90,62 miliar.

Katalis dalam peningkatan kinerja tersebut dipicu pertumbuhan kredit bruto menjadi sebesar Rp 21,70 triliun dari sebelumnya Rp 15,28 triliun atau tumbuh 42,00 persen YoY (Year-on-Year). Sementara dana pihak ketiga (DPK) juga terlihat meningkat menjadi Rp 29,24 triliun dari Rp 20,18 triliun atau sebesar 44,87 persen YoY pada posisi kuartal II-2023 dibandingkan kuartal II-2022.
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.