Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jadi Petugas KA, Menhub Resmikan Operasional Kereta Bandara Di Stasiun Manggarai

Sabtu, 5 Oktober 2019 17:13 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi meresmikan kereta bandara dari Stasiun Manggarai. (Foto: Ist)
Menhub Budi Karya Sumadi meresmikan kereta bandara dari Stasiun Manggarai. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meresmikan kereta api Bandara Soekarno Hatta di Stasiun Manggarai. Sebelumnya, kereta bandara hanya bisa melalui Stasiun Sudirman Baru, Stasiun Duri, dan Stasiun Batu Ceper.

BKS-sapaan Budi Karya Sumadi-tiba di Stasiun Manggarai pukul 13.52 WIB. Setibanya di stasiun, Mantan Dirut Angkasa Pura II ini langsung meninjau beberapa fasilitas stasiun, seperti toilet maupun tempat tunggu penumpang.

Menhub kemudian bergegas menjajal tempat pembelian tiket kereta bandara melalui mesin. Dirinya membeli tiket untuk jadwal keberangkatan pukul 14.10 WIB. Setibanya di kereta, Menhub menanyakan langsung ke beberapa penumpang tentang kesan-kesan menaiki kereta bandara dari Stasiun Manggarai.

Baca juga : Menhub Hadiri Peluncuran KA Bandara Dari Stasiun Manggarai

Kemudian, Menhub melakukan prosesi seremonial tanda dimulainya perjalanan kereta bandara dari Stasiun Manggarai. Dengan mengenakan topi petugas pengatur perjalanan kereta, Menhub meniup peluit sebagai tanda pelepasan kereta dari Stasiun Manggarai.

Menhub mengatakan, akan ada 34 perjalanan dari Manggarai ke Bandara di stasiun baru itu. "Perjalanan dari Manggarai menuju ke bandara juga kurang dari satu jam, kurang lebih 47-50 menit," katanya.

Menhub menjelaskan, kereta pertama dari Manggarai yaitu pada pukul 05.10 WIB. Sedangkan dari Bandara Soekarno Hatta kereta pertama berangkat pukul 06.20 WIB.

Baca juga : Rawan Kecelakaan, Operasional GrabWheels Diminta Distop sampai Terbit Peraturan

Sementara untuk kereta terakhir pada pukul 21.40 WIB dari Manggarai dan 23.20 WIB dari Bandara Soekarno Hatta. Adapun tarif untuk kereta saat ini masih berlaku promo sebesar Rp 40 ribu.

Menhub berharap dengan diresmikan kereta bandara dari Manggarai, akan meningkatkan keterisian okupansi kereta bandara menjadi sekitar 60 persen.

"Saya pikir kita akan intensifkan di sini karena Manggarai ini sentral. Baik yang dari luar Jakarta,  maupun dari beberapa tempat, terutama dari Depok, Bogor, dan Bekasi. Kalau yang dari Bintaro, BSD kan ketemunya di Tanah Abang atau di Duri. Jadi saya pikir stasiunnya akan kita konsentrasikan di sini," tuturnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.