Dark/Light Mode

Viral Kabar Plafon Stasiun Kereta Cepat Halim Bocor, KCIC Bilang Begini

Minggu, 5 November 2023 12:38 WIB
Viral Kabar Plafon Stasiun Kereta Cepat Halim Bocor, KCIC Bilang Begini

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), yang merupakan operator Kereta Cepat Jakarta-Bandung memastikan, tak ada area di dalam Stasiun Kereta Cepat Halim yang mengalami kerusakan dan tergenang air. Seluruh pelayanan normal dan fasilitas stasiun berfungsi baik. 

Penjelasan ini disampaikan KCIC, merespons beredarnya video di media sosial, yang menyebut plafon Stasiun Kereta Cepat Halim bocor akibat derasnya hujan pada Sabtu (4/11/2023) malam.

"Curah hujan memang cukup tinggi pada malam hari tanggal 4 November 2023 di sekitar area Stasiun Kereta Cepat Halim. Namun, kondisi tersebut tidak menganggu area pelayanan. Khususnya, bagian dalam Stasiun Kereta Cepat Whoosh Halim," kata GM Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa dalam keterangannya, Minggu (5/11/2023).

Eva menjelaskan, gambar plafon bocor di area stasiun bagian dalam, sebagaimana beredar di media sosial, bukan di lokasi Stasiun Kereta Cepat Halim.

Baca juga : Berkat Ganjar Pranowo, Konten Kreator Asal Purbalingga Ini Kebanjiran Rezeki

Visual lain yang menggambarkan adanya limpahan air di sisi tangga, bukan berada di dalam stasiun. Melainkan di area luar lobby kedatangan sisi selatan.

Limpahan air berasal dari saluran air yang tidak mampu menahan debit air, karena intensitas hujan yang sangat tinggi.

"Kondisi tersebut juga tidak menganggu pelayanan, karena masih ada area lain yang dapat dilalui penumpang untuk menuju area lobby drop off dan pick up. Seluruh alur penumpang tetap berjalan normal tanpa kendala," jelas Eva.

"Operasional Kereta Cepat Whoosh juga tidak terdampak kejadian tersebut," tandasnya.

Gerak Cepat

Baca juga : Berkat OVO Finansial, Ayam Bakar Madu Hijrah Mejeng Di Kawasan Stasiun Kereta Cepat Whoosh

Sebagai langkah cepat, pada saat kejadian, KCIC telah berkoordinasi langsung dengan WIKA sebagai kontraktor pembangunan Stasiun Kereta Cepat, Untuk segera melakukan investigasi dan perbaikan area yang terdampak demi kenyamanan penumpang.

Minggu 5 November 2023, kondisi cuaca cerah dan pelayanan di Stasiun Kereta Cepat Halim juga berlangsung normal.

Pihak Wika Konstruksi juga sudah mulai melakukan perbaikan pada saluran air sisi luar stasiun, yang terdampak hujan lebat kemarin. Perbaikan ini diharapkan bisa selesai dalam waktu dekat.

Minta Maaf

Eva menyampaikan permohonan maaf KCIC, jika ada ketidaknyamanan yang terjadi karena hujan lebat di sekitar area Stasiun Halim.

Baca juga : Relawan Sajajar Kenalkan Ganjar Ke Warga Ciamis Lewat Pagelaran Wayang Golek

"Pembangunan atap stasiun Kereta Cepat Halim dilakukan pada saat musim kemarau, sehingga pengujian saluran air belum dapat dilakukan saat debit air yang tinggi karena intensitas hujan tinggi," paparnya.

KCIC bersama kontraktor, lanjut Eva, juga akan menyisir dan mengidentifikasi titik-titik lainnya di seluruh stasiun untuk mengantisipasi kejadian serupa.

"KCIC bersama WIKA telah melakukan komunikasi dan kordinasi serta bergerak cepat agar pelayanan dan fasilitas yang diberikan pada penumpang optimal," pungkas Eva.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.