Dark/Light Mode

Cek Di Sini, Cara Ke Stasiun Kereta Cepat Halim, Paling Bebas Macet Ya Naik LRT

Sabtu, 30 September 2023 07:37 WIB
Peta lokasi Stasiun Kereta Cepat Halim (Foto: KCIC)
Peta lokasi Stasiun Kereta Cepat Halim (Foto: KCIC)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah melakukan serangkaian uji coba hingga tanggal 30 September 2023, Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) yang telah diberi nama Whoosh, akan diresmikan Presiden Jokowi pada 2 Oktober 2023.

Usai diresmikan, kereta berkecepatan 351 km/jam ini langsung beroperasi untuk umum. Harga tiketnya, belum diumumkan secara resmi. Diperkirakan, ada di kisaran Rp 250 ribu – 300 ribu.

Whoosh mengawali perjalanan dari Stasiun Halim Jakarta, dan mengakhirinya di Stasiun Tegalluar, Cibiru Hilir, Cileunyi, Kabupaten Bandung.

Stasiun Halim di Jakarta Timur, dapat diakses masyarakat dengan menggunakan beragam moda transportasi. Bisa Light Rail Transit (LRT) Jabodebek anti macet yang diresmikan Presiden Jokowi pada 28 Agustus 2023, bisa naik TransJakarta rute Cawang-Stasiun Halim yang terintegrasi dengan Whoosh. Bisa juga, naik kendaraan pribadi. Berikut detailnya:

1. Naik LRT Jabodebek

Bisa dibilang, ini adalah akses paling mudah menuju Stasiun Halim, bebas hambatan bebas polusi. Stasiun Kereta Cepat Halim, kini sudah terintegrasi dengan Stasiun LRT Halim.

Baca juga : Menhub: Kuotanya Ludes

Penumpang LRT Jabodebek dari arah Dukuh Atas, Cibubur, dan Bekasi bisa turun di Stasiun LRT Halim. Lalu, melintasi skybridge sepanjang 180 meter, yang terhubung dengan Stasiun Kereta Cepat.

Dari mana naik LRT? Anda yang mengawali perjalanan dari Dukuh Atas dan sekitarnya, dapat menumpang LRT arah Jatimulya (Bekasi Line), lalu turun di Stasiun Halim.

Anda yang dari arah Bekasi, bisa naik LRT Jabodebek lalu turun di Stasiun Halim.

Rute LRT Jabodebek Bekasi Line, dari Stasiun Dukuh Atas: 

Stasiun LRT Dukuh Atas - Stasiun LRT Setiabudi - Stasiun LRT Rasuna Said - Stasiun LRT Kuningan - Stasiun LRT Pancoran - Stasiun LRT Cikoko - Stasiun LRT Ciliwung - Stasiun LRT Cawang - Stasiun LRT Halim - Stasiun LRT Jati Bening Baru - Stasiun LRT Cikunir 1 - Stasiun LRT Cikunir 2 - Stasiun LRT Bekasi Barat - Stasiun LRT Jati Mulya.

Baca juga : Pertama Kali Jajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Prabowo: Serasa Di Luar Negeri

Anda yang dari arah Stasiun Harjamukti (Cibubur Line), dapat transit di Stasiun LRT Cawang, lalu meneruskan perjalanan ke arah Jatimulya (Bekasi Line) dan turun di Stasiun Halim.

Rute LRT Jabodebek Cibubur Line, dari Stasiun Dukuh Atas:

Stasiun LRT Dukuh Atas - Stasiun LRT Setiabudi - Stasiun LRT Rasuna Said - Stasiun LRT Kuningan - Stasiun LRT Pancoran - Stasiun LRT Cikoko - Stasiun LRT Ciliwung - Stasiun LRT Cawang - Stasiun LRT TMII - Stasiun LRT Kampung Rambutan - Stasiun LRT Ciracas - Stasiun LRT Harjamukti.

2. Naik Trans Jakarta

PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) telah meluncurkan bus rute Cawang-Stasiun Halim (7 W), dengan jam operasi 08.00 – 16.00 WIB. Bus ini memiliki 10 titik pemberhentian. Antara lain Cawang Sutoyo, Stasiun KCJB Halim, Cawang UKI, Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan Badan Narkotika Nasional (BNN).

Kehadiran layanan ini pun membuat TransJakarta terkoneksi dengan KCJB, MRT serta LRT, KAI, dan kereta bandara.

3. Naik Kendaraan Pribadi

Baca juga : Cerita Erick Jajal Kereta Cepat: Berangkat Pagi, Eh Sampai Bandung Masih Pagi

Untuk menjangkau Stasiun Halim dengan kendaraan pribadi, Anda dapat melewati Jalan Terusan DI Panjaitan. Flyover Jl. Akses Kereta Cepat Halim Perdanakusumah dan Exit Tol KM 1+842, menjadi akses masyarakat dari seluruh penjuru Jakarta.

Jl. Akses Kereta Cepat Halim Perdanakusumah menjadi kolaborasi tingkat tinggi antara KCIC dan Pemprov DKI Jakarta. Sementara Exit Tol 1+842 merupakan kerja sama KCIC dan Jasa Marga.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.