Dark/Light Mode

Relawan Sajajar Kenalkan Ganjar Ke Warga Ciamis Lewat Pagelaran Wayang Golek

Kamis, 26 Oktober 2023 17:38 WIB
Relawan Sajajar Sa-Jabar Jeung Ganjar mengenalkan Capres 2024 Ganjar Pranowo kepada warga Sindangkasih, Ciamis, Jabar, melalui pagelaran wayang golek hasil kolaborasi dengan Forum Milenial Galuh dan Karangtaruna Sindangkasih. (Foto: Ist)
Relawan Sajajar Sa-Jabar Jeung Ganjar mengenalkan Capres 2024 Ganjar Pranowo kepada warga Sindangkasih, Ciamis, Jabar, melalui pagelaran wayang golek hasil kolaborasi dengan Forum Milenial Galuh dan Karangtaruna Sindangkasih. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kelompok sukarelawan Sajajar (Sa-Jabar Jeung Ganjar) mengenalkan sosok calon presiden (capres) 2024 Ganjar Pranowo kepada warga Sindangkasih, Ciamis dengan cara yang unik dan asyik. 

Melalui pagelaran wayang golek hasil kolaborasi dengan Forum Milenial Galuh dan Karangtaruna Sindangkasih, pertunjukan yang berlangsung di Lapangan Sukaraja, Dusun Burung Gendis 2, Desa Sindangkasih, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat pada Rabu (25/10/2023) malam itu sukses menarik perhatian warga. 

Ki Dalang Yogaswara Sunandar dari Grup Wayang Golek Giriharja III Putra Bandung hadir sebagai pengisi acara. Sementara Ki Daus dan Ade Batak turut hadir memeriahkan sebagai bintang tamu. 

Antusias yang luar biasa pun datang dari masyarakat setempat, sebab kerinduan mereka akan seni tradisional wayang golek yang sudah dinanti selama 25 tahun kini terbayar sudah. 

"Mudah-mudahan ini bisa mengobati dan merawat tradisi Sunda, sering di masyarakat Kecamatan Sindangkasih umumnya Kabupaten Ciamis," ujar Ketua Forum Pemuda Sindangkasih sekaligus anggota DPRD Kabupaten Ciamis Fraksi PDIP, Yogi Permadi. 

Baca juga : Relawan Santri Ganjar Berikan Bantuan Penerangan Jalan Di Desa Genggangtani

Dalam penampilannya, Ki Dalang membawakan pertunjukan memukau bertajuk "Kang Ganjar". Ini mengisahkan tentang sesosok pemimpin yang peduli terhadap nasib masyarakat miskin, bersikap rendah hati, dan dekat dengan seluruh kalangan rakyat. Kisah itu merupakan cerminan dari sosok capres Ganjar yang sangat inspiratif. 

Kang Ganjar memiliki program unggulan saat menjadi Gubernur Jawa Tengah dengan membuat sekolah khusus anak-anak miskin, dimana semua keperluannya digratiskan. 

Mulai dari buku, pakaian, biaya sekolah, makan, dan bahkan selesai sekolah bisa disalurkan untuk bekerja. 

"Berharap model sekolah miskin tersebut bisa diterapkan di seluruh Indonesia. Agar masyarakat kurang beruntung bisa semakin menikmati program Ganjar tersebut," jelas Yogi. 

Pada kesempatan yang sama, Kader PDIP lainnya sekaligus Perwakilan Kelompok Relawan Sajajar Ida Nurlaela Wiradinata mengapresiasi pagelaran wayang golek "Kang Ganjar". Menurut Ida, wayang golek merupakan seni budaya yang sarat akan pesan dan makna, juga menjadi kesukaan warga Jawa Barat.

Baca juga : Relawan Tuan Guru Ganjar Sokong Pembangunan Ruang Kelas TPQ Di Langkat

Ketokohan “Kang Ganjar” pada pertunjukan ini dinilai pas untuk cerita pewayangan. Sebab, sebagai pemimpin, Kang Ganjar merupakan sosok berkarakter dan berintegritas, berjuang sepenuhnya untuk rakyat.

“Kami juga berharap pimpinan ke depannya bisa seperti sosok Kang Ganjar. Karena memiliki karakter unggul, lebih hebat sehingga Indonesia lebih unggul lagi,” harap Ida. 

Ida menjelaskan, Indonesia harus bersiap menghadapi bonus demografi dan menyambut Indonesia Emas 2045, dengan memanfaatkan lonjakan penduduk usia produktif. 

Karena itu, butuh pemimpin yang bisa mengelola pendidikan dengan baik agar generasi masa depan benar-benar berkualitas.

“Harapan besar kami, punya pemimpin yang lebih baik lagi, sebab kebutuhan saat ini untuk mempersiapkan bonus demografi dan menyongsong Indonesia Emas 2045,” ucap Ida.

Baca juga : Relawan Srikandi Ganjar Gelar Latihan Variasi Jurus Pencak Silat Bareng Milenial

Hal senada pun diungkapkan kader PDIP lainnya, Ika Siti Rahmatika. Ika mengapresiasi keberhasilan pertunjukan wayang golek "Kang Ganjar Saba Desa Jaga Lembur" di Kabupaten Ciamis. Terlebih, gelaran ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat setempat.

“Karena di dalam pewayangan ini adalah bagian pesan agama dan petuah-petuah luhur. Dan kita bersyukur masyarakat sangat antusias, semangat, dan berjuang melihat wayang golek Kang Ganjar. Sekaligus bisa sosialisasi Ganjar, sehingga bisa menjadi inspirasi kita semua,”ujar Ika. 

Salah satu pengunjung, Agus Sandi mengaku sudah puluhan tahun tak pernah lagi menonton pertunjukan wayang golek di Sindangkasih. Namun, berkat kelompok sukarelawan Sajajar, warga kembali mendapatkan kesempatan untuk menikmati seni wayang golek dan karakter-karakternya.

Selain itu, lewat pesan-pesan yang disampaikan dari pertunjukan, Agus juga mengaku makin memahami visi misi capres-cawapres Ganjar-Mahfud MD jika terpilih di Pilpres 2024 nanti. 

“Saya sangat terkesan, terima kasih Pak Ganjar sudah memberikan pengalaman yang berkesan bagi masyarakat Kabupaten Ciamis. Selain menghibur, pagelaran ini juga memberikan pendidikan tentang seni budaya tradisional Indonesia,” kata Agus.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.