Dark/Light Mode

Ke Stasiun Kereta Cepat Halim Naik Motor, Asik Dan Praktis

Sabtu, 30 September 2023 19:55 WIB
Ke Stasiun Kereta Cepat Halim Naik Motor, Asik Dan Praktis

RM.id  Rakyat Merdeka - Stasiun Kereta Cepat Halim di Jakarta Timur telah terintegrasi dengan berbagai moda transportasi umum. Seperti Light Rail Transit (LRT) Jabodebek dan TransJakarta rute Cawang-Stasiun Halim.

Bagaimana dengan masyarakat yang naik kendaraan pribadi, seperti motor yang dikenal praktis dan lincah di jalan raya?

Pengalaman RM.id saat uji coba operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung bernama Whoosh pada Sabtu (30/9/2023), naik motor dari kawasan Marga Mulya Bekasi ke Stasiun Halim, terbilang cukup praktis.

Berangkat pukul 12.00 WIB, tiba 12.28. Lumayan cepat, dengan kondisi lalu lintas ramai lancar di akhir pekan.

Baca juga : Cek Di Sini, Cara Ke Stasiun Kereta Cepat Halim, Paling Bebas Macet Ya Naik LRT

Di sepanjang Kalimalang, dari arah Metropolitan Mall, petunjuk jalan menuju Stasiun Kereta Cepat Halim di Jakarta Timur cukup mudah dan jelas.

Sepanjang 15 kilometer melintasi Kalimalang, pengendara sepeda motor cukup mengikuti petunjuk arah Cawang-Halim Perdanakusumah.

Baru setelah pertigaan yang mempertemukan Jalan Raya Kalimalang dengan Jalan DI Pandjaitan, Jakarta Timur, pengendara bisa mengambil jalur sebelah kiri sebelum Terowongan Cawang.

Terlihat plang bertuliskan Akses Menuju Stasiun KA Cepat Halim. Tinggal mengikuti plang petunjuk arah, pengendara langsung diarahkan ke terminal utama keberangkatan.

Baca juga : KPK Geledah Kantor Kementan, Sasar Ruangan Menteri Dan Sekjen

Khusus untuk sepeda motor, parkiran di Stasiun Kereta Cepat Halim di arahkan di aisi Barat, atau berseberangan dengan Stasiun LRT, yang berada tepat di depan terminal utama keberangkatan.

Parkir motor ini digabung dengan parkiran mobil. Batasnya, hanya tali dan traffic cone alias kerucut lalu lintas.

Karena belum beroperasi secara komersial, pengguna mobil dan sepeda motor belum dikenai tarif parkir.

Rencananya, KCJB akan diresmikan Presiden Jokowi pada 2 Oktober 2023. Jadwal tersebut mundur satu hari dari rencana sebelumnya, 1 Oktober 2023.

Baca juga : Deddy Sitorus Minta Relawan Jelaskan Visi Misi Ganjar Pranowo

Setelah diresmikan, kereta cepat Jakarta-Bandung Whoosh akan langsung beroperasi. Harga tiketnya belum diumumkan. Namun perkiraanya, antara Ro 250-300 ribu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.