Dark/Light Mode

Jadi Tuan Rumah AeHIN General Meeting 2023, Puluhan Delegasi Asing Apresiasi Program JKN

Rabu, 8 November 2023 19:49 WIB
Asian eHealth Information Network (AeHIN) General Meeting 2023 yang digelar di BPJS Kesehatan. (Foto: Dok. BPJS Kesehatan)
Asian eHealth Information Network (AeHIN) General Meeting 2023 yang digelar di BPJS Kesehatan. (Foto: Dok. BPJS Kesehatan)

 Sebelumnya 
Ghufron, yang juga menjabat Ketua TC Health International Social Security Association (ISSA) dan beranggotakan 160 negara, menjelaskan bahwa BPJS Kesehatan telah mengembangkan beragam inovasi digital untuk mendukung pelayanan kesehatan kepada peserta.

Mulai dari antrean online untuk memangkas waktu tunggu di fasilitas kesehatan, layanan Skrining Riwayat Kesehatan untuk mendeteksi dini risiko penyakit kronis, konsultasi online dengan dokter, dan yang terbaru bernama i-Care JKN.

Baca juga : Lawan Stunting, Insight IM Dan PKBI Kolaborasi Lewat Program CSR

“Peserta JKN dapat dengan mudah melihat riwayat pelayanan yang telah diberikan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL)," ujar Ghufron.

Informasi tersebut mencakup detail diagnosa, tindakan medis, fasilitas kesehatan pemberi layanan, dan tanggal pelayanan selama setahun terakhir.

Baca juga : Dihadirkan Ke Persidangan, Menpora Dito Ariotedjo Apresiasi Kejaksaan

"Melalui i-Care JKN, dokter juga dapat merencanakan perawatan yang sesuai berdasarkan data yang lebih real time, aktual, dan faktual,” kata Ghfuron.

Tidak hanya itu, BPJS Kesehatan juga telah menciptakan Dashboard JKN bagi Pemerintah Daerah yang dapat dimanfaatkan untuk mengakses data sesuai dengan wilayah kerjanya masing-masing. Seperti melihat profil peserta JKN, capaian UHC, fasilitas kesehatan yang bekerja sama, jumlah kunjungan dan pemanfaatan layanan kesehatan, data penyakit katastropik, dan sebagainya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.