Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jadi Tuan Rumah ASCN 2023, Indonesia Dorong Pengembangan Smart City

Jumat, 10 Maret 2023 21:40 WIB
Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri Safrizal ZA saat membuka diskusi virtual ASEAN Smart Cities Network (ASCN) 2023 Selasa (7/3) lalu. (Foto: Istimewa)
Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri Safrizal ZA saat membuka diskusi virtual ASEAN Smart Cities Network (ASCN) 2023 Selasa (7/3) lalu. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah menyoroti pentingnya inovasi dalam pengembangan tata kelola kota cerdas. Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri Safrizal ZA saat membuka diskusi virtual ASEAN Smart Cities Network (ASCN) 2023 Selasa (7/3) lalu.

"Pengembangan smart city saat ini menghadapi tantangan di tengah peluang kebutuhan kota dan masyarakat untuk daya saing ekonomi yang kompetitif, dan lingkungan yang berkelanjutan," kata Safrizal dikutip dari keterangan resminya, Jumat (10/3).

Baca juga : Marak Kasus GGAPA Pada Anak, Akademisi Dorong Pengesahan RUU Pengawasan Obat dan Makanan

Untuk itu, kata Safrizal, Indonesia sebagai Keketuan ASCN 2023 mendorong adanya inovasi yang dapat menjadi stimulus dalam melakukan penyelenggaraan pelayanan perkotaan yang inovatif, efektif, dan efisien sehingga dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi negara, kawasan dan dunia.

Safrizal yang juga selaku National Representative Indonesia dan Chairman ASCN 2023 ini juga menilai, beberapa hal strategis dalam skema kota cerdas seperti safety and security, built infrastructure, quality environment, civic and social, and health and well-being.

Baca juga : Peran Perempuan Iran dan Indonesia dalam Rekonstruksi Peradaban Baru Dunia

"Kegiatan ini selain melibatkan 10 national representative dari 10 negara anggota ASEAN dan 26 Chief Smart City Officers (CSCO) di ASEAN, dihadiri pula oleh obeserver dari berbagai sektor swasta sehingga langsung membuka peluang-peluang investasi serta mensukseskan keketuaan Indonesia di tahun 2023," ungkapnya.

Secara substantif seri diskusi I ini secara virtual dihadiri pula oleh Director Connectivity Division ASEAN Secretariat.

Baca juga : Demi ITKPD Kinclong, BSKDN Kemendagri Dorong Pembangunan Daerah Berbasis Data

Kemudian, pemaparan dan diskusi panel oleh Plt Kepala Diskominfo Provinsi DKI Jakarta, Kepala Diskominfo Kabupaten Banyuwangi, Ministry of Transport and Infocommunication Brunei Darrusalam, dan Executive Director Centre for Liveable Cities Ministry of National Development Singapore.

"Putaran diskusi I ini akan terus berlanjut dalam beberapa putaran diskusi lanjutan seri II: safety and security pada akhir April mendatang hingga nanti puncaknya pada bulan Oktober 2023 akan diselenggarakan Annual Meeting ASCN 2023 di Bali yang nantinya turut mengiringi pelaksanaan ASEAN Summit 2023," jelasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.