Dark/Light Mode

Jadi Tuan Rumah ASEAN IB Summit, Indonesia Beri Usulan Lembaga Pembiayaan UMKM

Rabu, 23 Agustus 2023 19:19 WIB
Menkop UKM Teten Masduki (keenam kiri) dalam acara Opening Ceremony 6Th ASEAN IB Summit di Nusa Dua, Bali, Rabu (23/8). (Foto: Dok. Kemenkop UKM)
Menkop UKM Teten Masduki (keenam kiri) dalam acara Opening Ceremony 6Th ASEAN IB Summit di Nusa Dua, Bali, Rabu (23/8). (Foto: Dok. Kemenkop UKM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) sebagai tuan rumah penyelenggaraan ASEAN Inclusive Business (IB) Summit 2023 di Nusa Dua, Bali.

Hal ini memberikan beberapa usulan terkait komitmen para pemimpin negara-negara ASEAN dalam menciptakan Komunitas Ekonomi ASEAN yang tangguh, inklusif, terintegrasi dengan ekonomi global. Khususnya dalam memprioritaskan UMKM yang tangguh dan inovatif untuk menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja di ASEAN.

Baca juga : Cinta Tanah Air Indonesia Bergema di Beijing

Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki menegaskan, pihaknya telah mengusulkan pembentukan ‘ASEAN Micro and Small Enterprises Financing Institution,’ meningkatkan aksesibilitas keuangan UMKM antara negara ASEAN.

“Kami juga memberikan usulan Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (LLP-KUKM) atau Smesco Indonesia sebagai ASEAN IB Center yang akan berfungsi sebagai platform pelayanan UMKM dari hulu ke hilir bagi seluruh UMKM di negara ASEAN,” ucap Teten dalam acara Opening Ceremony 6Th ASEAN IB Summit di Nusa Dua, Bali, Rabu (23/8).

Baca juga : Solid Dukung Ganjar, Milenial Riau Inginkan Indonesia Tangguh Dan Pemilu Damai

Indonesia, dalam konsultasi dengan ASEAN Coordinating Committee on Micro, Small and Medium Enterprises, dan dukungan dari United Nations Economic and Social Commission for Asia and the Pacific dan Organisation for Economic Co-operation and Development, serta dukungan dari World Benchmarking Alliance, telah mengembangkan ‘Rencana Aksi untuk Promosi Bisnis Inklusif di ASEAN (2023-2027).’

Dikatakan Teten, rencana Aksi adalah dokumen yang menguraikan area prioritas saat kita maju dengan agenda Inclusive Business di ASEAN.

Baca juga : Pemilik K-Link Indonesia Yakin Usahanya Tambah Jaya

Untuk lebih menandai komitmen mereka pada penyelenggaraan ASEAN IB Summit pada 23-25 Agustus di Nusa Dua, Bali.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.