Dark/Light Mode

35 Perusahaan dan Organisasi Publik Terima IDIA Awards 2023

Rabu, 8 November 2023 21:00 WIB
Para penerima penghargaan Indonesia Digital Innovation and Achievement IDIA (Awards) 2023. (Foto: Istimewa)
Para penerima penghargaan Indonesia Digital Innovation and Achievement IDIA (Awards) 2023. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Majalah Business in Asia menggelar Indonesia Digital Innovation & Achievement (IDIA) Awards 2023. Di penyelenggaraan ketiga ini, IDIA Awards mengusung tema “Digital Innovation and IoT Implementation for Future Efficiency, Productivity and Security”.

Sebanyak 35 perusahaan dan organisasi publik menerima IDIA Awards 2023. Penghargaan ini diserahkan pada malam puncak The 3rd IDIA Awards, di Hotel Aryaduta, Jakarta, Rabu (8/11).

Ajang penghargaan ini bertujuan mengangkat dan memberikan apresiasi atas pencapaian inovasi dan implementasi Internet of Things (IoT) yang telah dilakukan perusahaan dan organisasi publik.

Baca juga : Promosikan Pemahaman Sejarah Indonesia-Jepang, Bonnie Triyana Terima Reiwa Award

Inovasi teknolog memiliki kontribusi terbesar dalam kemajuan peradaban manusia. Dalam bidang bisnis, lahir inovasi-inovasi teknologi telah mengubah total lanskap bisnis. Pengelolaan perusahaan dari proses A-Z hampir seluruhnya melibatkan kemajuan teknologi. Salah satu yang mengubah total pengelolaan perusahaan/organisasi adalah diadopsi dan diimplementasikannya IoT.

Ketua Dewan Juri IDIA Award 2023 Jamalul Izza menyampaikan apresiasi atas antusiasme dari perusahaan dan organisasi publik di Indonesia untuk berpartisipasi dalam kegiatan penjurian IDIA Awards 2023. 

Jamalul menjelaskan, inovasi digital dan implementasi IoT telah mengubah cara kita menjalankan bisnis, layanan publik, dan bahkan kehidupan sehari-hari. “Teknologi memiliki potensi yang luar biasa untuk meningkatkan efisiensi, meningkatkan produktivitas, keamanan dan kenyamanan bagi seluruh stakeholders,” tuturnya.

Baca juga : Kemenperin Gelar Pameran ISAW 2023

Jamalul mengucapkan selamat kepada seluruh pemenang IDIA Awards 2023. Ia berharap, prestasi ini bukanlah tempat pemberhentian terakhir, melainkan fondasi kokoh untuk masa depan yang lebih gemilang.

Ketua Pelaksana IDIA Award 2023 Sukatna Panca Miharja mengatakan, IDIA Awards diselenggarakan tiap tahun dengan mengusung tema terupdate. Kegiatan ini bertujuan untuk menggelorakan semangat berinovasi di perusahaan-perusahaan, Kementerian/Lembaga (K/L) di Indonesia.

"IDIA 2023 kami awali dengan menjaring sekitar 500 perusahaan dengan memanfaatkan data sekunder baik dari buku laporan tahunan perusahaan ataupun inovasi-inovasi yang mereka luncurkan dan dimuat di berbagai media massa dan platform media sosial milik organisasi. Berdasarkan kriteria yang kami tetapkan, terjaring sekitar 50 perusahaan dan organisasi publik," kata Sukatna.

Baca juga : Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi Raih Predikat Pemimpin Terpopuler 2023

Selanjutnya, panitia mengundang mereka untuk melakukan presentasi secara daring di depan dewan juri pada 14 September-30 Oktober 2023. Dewan juri IDIA Awards 2023 terdiri dari para akademisi, praktisi, serta para founder asosiasi yang terkait ICT dan juri dari Kementerian dan lembaga pemerintah seperti Kemenkominfo serta Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Dalam penjurian tersebut, para finalis mempresentasikan pengembangan dan capaian transformasi digital serta pemanfaatan IoT dalam proses bisnis di perusahaan/organisasi masing-masing. Rapat pleno dewan juri untuk penentuan penerima IDIA Awards dilakukan di Jakarta pada 1 November 2023. Rapat pleno menyepakati 35 perusahaan dan organisasi publik yang akan menerima IDIA Awards 2023 dalam berbagai kategori.

Sukatna berharap, penghargaan ini semakin mendorong kegairahan perusahaan/organisasi untuk terus melakukan penyempurnaan implementasi IoT dan terus melahirkan inovasi-inovasi baru.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.