Dark/Light Mode

Promosikan Pemahaman Sejarah Indonesia-Jepang, Bonnie Triyana Terima Reiwa Award

Selasa, 7 November 2023 22:08 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Dubes Jepang untuk Indonesia Kenji Kanasugi menyerahkan Penghargaan Menlu Jepang 2023 (Reiwa 5) kepada pendiri dan redaktur senior media berbasis sejarah, Historia.id, Bonnie Triyana.

Penyerahan penghargaan itu berlangsung di kediaman Dubes Kenji Kanasugi, di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (7/11/2023).

Dalam penyerahan itu, Kanasugi menjelaskan, Bonnie Triyana yang juga Sejarawan Indonesia mendapatkan penghargaan tersebut karena berkontribusi mempromosikan pemahaman tentang sejarah interaksi antara bangsa Jepang dan Indonesia.

Termasuk, masa awal kedatangan bangsa Jepang pra-Perang Dunia II. Kontribusi ini dilakukan lewat penyelenggaraan pameran “Sakura di Khatulistiwa” yang digelar di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta, 9-10 September 2022.

Baca juga : Menhan Minta Semua Pihak Jaga Stabilitas

"Peran Bonnie dalam penelitian sejarah Indonesia dengan Jepang dimulai saat dia menjadi asisten Prof Aiko dari Keio University. Kami menghargai peran Bonnie dalam menggagas film dokumenter mengenai mantan serdadu Jepang yang berjuang di pihak Indonesia," katanya saat memberikan sambutan.

"Film ini berhasil memberikan pengetahuan sejarah kepada masyarakat Indonesia sehingga mereka paham tentang sejarah hubungan kedua bangsa," imbuhnya.

Penyerahan penghargaan itu juga dihadiri langsung Anggota Komisi X DPR RI Rano Karno yang mengapresiasi penghargaan ini diberikan setiap tahunnya dari Pemerintah Jepang untuk Warga Negara Indonesia (WNI).

Menurutnya, penghargaan ini sangat baik untuk hubungan diplomatik Indonesia-Jepang sehingga dapat saling bertukar pengetahuan, kebudayaan serta bidang lainnya untuk kemajuan bangsa.

Baca juga : Anugerah Kebudayaan Indonesia 2023, Bentuk Apresiasi Terhadap Perawat Harmoni

"Tentu ini sangat bagus karena dapat mempererat hubungan Indonesia-Jepang, selain itu dapat memotivasi peran-peran masyarakat sipil untuk terus mempelajari kebudayaan, pendidikan serta bidang lainnya masing-masing negara," ujar Rano Karno.

Politisi PDI Perjuangan itu juga menilai, Bonnie Triyana sudah melalang buana soal sejarah sehingga layak mendapatkan penghargaan tersebut.

"Bonnie ini kan sosok anak muda yang inspiratif semoga dapat ditirukan bagi anak muda yang lain. Apalagi selain sebagai sejarawan Bonnie juga sebagai pengajar tamu di Reinwardt Academie, Universitas Seni di Amsterdam," ucapnya.

Sementara itu, Bonnie mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Jepang yang telah memberikan apresiasi atas kerja-kerja dalam memproduksi pengetahuan sejarah untuk publik di Indonesia.

Baca juga : Bos Pertamina Jadi Bintang CSR Di Indonesia Best Social Responsibility Awards

"Kami merasa bangga bahwa penghargaan justru datang dari Jepang. Semoga dengan saling memahami sejarah kedua bangsa, hubungan Indonesia dan Jepang akan semakin erat di masa kini dan masa depan," ucapnya.

Selain Bonnie Triyana, tujuh penerima Penghargaan Reiwa ke-5 lainnya adalah Chieko Nakano (ketua Pembina Surya Laras Jepang), Fadilah Hasim (ketua Yayasan Semarak Pendidikan Indonesia), dan Fusami Ito (ketua Cross Cultural Artisan Association/CCAA).

Lalu, Kazuyo Suda (penerjemah), Mariko Surjanto (pendiri Himawari Kai), Urara Numazawa (penerjemah), Yasunobu Kuboki (ketua Indonesian Education Promoting Foundation/IEPF).

Diketahui, Penghargaan Reiwa ini sudah berlangsung tahun ke-5. Penghargaan itu diberikan bagi individu yang dinilai memberikan kontribusi bagi penguatan hubungan bilateral Indonesia-Jepang.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.