Dark/Light Mode

Survei Bank Indonesia Desember 2018

Mantap, Optimisme Konsumen Terus Menguat

Senin, 7 Januari 2019 18:55 WIB
Pengunjung Jakcloth Summerfest 2018 di Senayan, Jakarta. Persepsi konsumen yang membaik tercermin dari peningkatan pembelian barang tahan lama. (Foto: Khairizal Anwar/Rakyat Merdeka)
Pengunjung Jakcloth Summerfest 2018 di Senayan, Jakarta. Persepsi konsumen yang membaik tercermin dari peningkatan pembelian barang tahan lama. (Foto: Khairizal Anwar/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Survei Konsumen Bank Indonesia pada Desember 2018 mengindikasikan bahwa optimisme konsumen terus menguat. Hal ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Desember 2018 sebesar 127. Angka ini meningkat dibandingkan dengan bulan sebelumnya, yang hanya 122,7.

Secara triwulanan, rata-rata IKK Triwulan IV-2018 sebesar 123. Angka ini lebih tinggi dibandingkan triwulan sebelumnya, yang tercatat 122,9. Secara keseluruhan, rata-rata IKK tahun 2018 mencapai 123,6. Angka ini lebih tinggi dari rata-rata tahun sebelumnya.

Baca juga : Paviliun Indonesia Meriahkan Pameran Dagang Terbesar Afrika

Peningkatan keyakinan konsumen ditopang perbaikan persepsi konsumen, terhadap kondisi ekonomi saat ini, dan ekspektasi terhadap kondisi ekonomi ke depan. Persepsi konsumen yang membaik tercermin dari peningkatan pembelian barang tahan lama. Sedangkan optimisme terhadap kondisi ekonomi ke depan, terutama didukung oleh ekspektasi kegiatan usaha.

Peningkatan keyakinan konsumen terjadi pada seluruh tingkat pengeluaran responden. Secara spasial, kenaikan keyakinan konsumen terjadi pada sebagian besar kota yang disurvei. Hasil survei juga menunjukkan tekanan kenaikan harga pada Maret mendatang. Tekanan kenaikan harga pada bulan tersebut, diperkirakan meningkat dibanding pada bulan sebelumnya.

Baca juga : Sebelum Natal 2018, Tol Jakarta-Surabaya Rampung

Peningkatan itu terutama disebabkan oleh kekhawatiran konsumen terhadap potensi kenaikan harga BBM. Khususnya, BBM nonsubsidi. Hal ini terindikasi dari Indeks Ekspektasi Harga 3 bulan mendatang, sebesar 175,2. Angka ini meningkat dari bulan sebelumnya, yang hanya 174,1.

Pada Juni mendatang, konsumen memperkirakan tekanan kenaikan harga meningkat, karena adanya permintaan yang meningkat selama bulan puasa dan Hari Raya Idul Fitri. Hal itu tercermin dari kenaikan Indeks Ekspektasi Harga 6 bulan mendatang, yang besarnya 176,7. Angka ini lebih besar dibanding bulan sebelumnya, yang tercatat 175,1. [HES]

Baca juga : Seniman Indonesia Tampil Dalam Pameran Seni Australia

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.