Dark/Light Mode

Peran Vital Desain Grafis dalam Keberhasilan Bisnis UMKM

Selasa, 14 November 2023 21:32 WIB
PT Hitamedia Inovasi Utama memberikan edukasi ke UMKM (Foto: Istimewa)
PT Hitamedia Inovasi Utama memberikan edukasi ke UMKM (Foto: Istimewa)

Dalam era persaingan bisnis yang semakin sengit, peran desain grafis tidak bisa dianggap enteng. Desain grafis yang profesional dan menarik memiliki potensi untuk memberikan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) keunggulan dalam membedakan diri dari pesaing, menarik perhatian pelanggan potensial, dan membangun citra merek yang kuat.

Menurut Julian Cahyo Hutomo, CEO dan Co-Founder PT Hitamedia Inovasi Hutama, para pelaku UMKM dapat memanfaatkan jasa desain grafis untuk membangun merek dan citra bisnis mereka. Contoh sederhananya adalah menciptakan logo perusahaan sebagai identitas atau mendesain produk dan layanan mereka. Dengan desain grafis yang berkualitas, branding bisnis dapat ditingkatkan.

Namun, sebelum memilih jasa desain grafis yang tepat, ada beberapa panduan yang harus diperhatikan. Panduan pertama adalah melihat portofolio dan kualitas kerja dari penyedia jasa. Penelusuran proyek-proyek sebelumnya akan membantu memastikan bahwa gaya desain penyedia jasa sesuai dengan kebutuhan merek.

Baca juga : Elektabilitas PSI Naik, Kaesang Dinilai Berhasil Buat Gerakan Di Partai

Selain itu, pelaku UMKM harus mempertimbangkan pengalaman dan keahlian penyedia jasa dalam bekerja dengan bisnis sejenis. Pengalaman dalam industri yang sama dapat membantu penyedia jasa memahami kebutuhan dan tantangan yang dihadapi oleh UMKM.

Komunikasi yang efektif dengan penyedia jasa desain grafis juga penting. Pastikan bahwa keinginan pelaku usaha dapat tersampaikan dengan jeta ke penyedia jasa demi mencapai hasil yang memuaskan.

Fleksibilitas penyedia jasa desain grafis juga merupakan faktor penting, terutama karena UMKM seringkali membutuhkan perubahan desain yang cepat sesuai dengan perubahan pasar. Pastikan penyedia jasa dapat mengakomodasi perubahan dengan cepat dan tetap menjaga kualitasnya.

Baca juga : Strategi Matang Ganjar Kembangkan Bisnis Di Indonesia

Untuk harga, pemilihan jasa desain grafis tidak hanya berdasarkan harga terendah. Penting untuk mempertimbangkan nilai yang ditawarkan, termasuk kualitas, pengalaman, dan layanan yang disediakan.

Untuk UMKM yang mencari kemudahan, layanan desain grafis online juga bisa menjadi solusi. Selain harganya terjangkau, layanan online dapat memberikan bantuan dalam merancang konsep dan desain produk.

Julian Cahyo Hutomo berharap, bahwa dengan memahami peran desain grafis yang krusial, UMKM di Indonesia dapat terus tumbuh dan berkembang dalam ekosistem bisnis yang semakin kompetitif.

Ananda Aditya
Ananda Aditya
Chief Executive Officer (CEO) Satechainmedia

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.