Dark/Light Mode

BPJamsostek Jakarta Menara Lindungi Ribuan Atlet Pencak Silat di Piala Menpora 2023

Senin, 20 November 2023 21:24 WIB
BPJamsostek Kantor Cabang Jakarta Menara Jamsostek kembali lindungi ribuan atlet pencak silat di event Kejuaraan Pencak Silat Piala Menpora 2023. (Foto: Istimewa)
BPJamsostek Kantor Cabang Jakarta Menara Jamsostek kembali lindungi ribuan atlet pencak silat di event Kejuaraan Pencak Silat Piala Menpora 2023. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJamsostek) Kantor Cabang Jakarta Menara Jamsostek kembali lindungi ribuan atlet pencak silat di event Kejuaraan Pencak Silat Piala Menpora 2023.

Ajang ini berlangsung selama 4 hari sejak 16 November dan resmi ditutup di GOR Ciracas pada Minggu (19/11/2023).

Kepala Kantor BPJamsostek Cabang Jakarta Menara Jamsostek Mohamad Irfan mengaku pihaknya terus berupaya memperluas cakupan perlindungan program jaminan sosial ketenagakerjaan untuk seluruh pekerja, terutama saat ini untuk pekerja informal atau pekerja Bukan Penerima Upah (BPU). Kali ini BPJamsostek sasar ratusan atlet pencak silat.

"Sebanyak 2.684 peserta dari berbagai perguruan silat yang turut bertanding memperebutkan gelar juara Piala Menpora 2023 kami lindungi dengan program BPJamsostek," kata Irfan dalam keterangannya Senin (20/11/2023).

Irfan menambahkan, BPJamsostek berikan perlindungan bagi atlet yang bertanding dari risiko cidera saat bertanding.

"BPJamsostek hadir untuk melindungi para pekerja apapun profesinya termasuk atlet. Kami akan mengcover semua perlindungan bagi atlet pencak silat, karena atlet tentunya punya risiko cidera saat bertanding," ujarnya.

Baca juga : KSP: PBI Jamsostek Upaya Perluas Perlindungan Pekerja Sektor Informal

Ia menjelaskan, BPJamsostek harus mengambil langkah pendekatan khusus agar pekerja segmen informal dengan mudah memahami makna pentingnya jaminan sosial dan segera sadar untuk mendaftarkan dirinya menjadi peserta.

Apalagi, saat ini BPJamsostek secara massif melakukan pendekatan kepada pekerja informal dengan kampanye 'Kerja Keras Bebas Cemas'.

Irfan mengatakan, BPJamsostek saat ini terus mengoptimalkan strategi ekstensifikasi, intensifikasi dan retensi.

Selain itu, memanfaatkan peluang kerja sama dengan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah daerah, business to business, serta utilisasi engine Perisai.

"Dalam mempercepat terwujudnya universal coverage, kami terus berupaya maksimal mensosialisasikan, mengedukasi, serta mengakuisisi peserta khususnya peserta BPU dari berbagai macam latar belakang pekerjaan termasuk atlet pencak silat," ungkap Irfan.

Irfan menuturkan, BPJamsostek tidak hanya berlaku bagi pekerja Penerima Upah (PU) atau pekerja formal, tapi juga pekerja BPU atau pekerja informal.

Baca juga : Prakiraan Cuaca Besok Di Jakarta, Apa Hujan Atau Panas, Ini Ramalan BMKG

Para pekerja informal itu, antara lain tukang ojek atau ojek online (ojol), sopir angkot, petani, nelayan, pedagang keliling, dokter, pengacara/advokat, dan lain-lain. Mereka bisa masuk dalam golongan pekerja BPU.

"Seluruh pekerja informal atau BPU dapat mendaftar menjadi peserta BPJamsostek," ujarnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan pekerja BPU yang dimaksud adalah pekerja yang melakukan kegiatan usaha ekonomi secara mandiri untuk memperoleh penghasilan dari kegiatan atau usahanya tersebut.

Irfan mengajak seluruh pekerja untuk mendaftakan diri menjadi peserta BPJamsostek.

"Kami mengajak seluruh pemberi kerja maupun pekerja baik itu pekerja PU maupun pekerja yang dikategorikan pekerja BPU untuk mendaftarkan diri menjadi peserta BPJamsostek, agar risiko sosial akibat pekerjaan dapat langsung di cover oleh BPJamsostek," tuturnya.

BPJamsostek pada event ini melindungi dengan dua program yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

Baca juga : Pertamina Sabet 5 Penghargaan Dunia Pada GCSA 2023

"Untuk perlindungan kecelakaan kerja atau cidera dalam bertanding yang diberikan BPJamsostek yakni manfaat pengobatan sampai dengan pasien sembuh dengan biaya tidak terbatas," ucap Irfan.

BPJamsostek Jakarta Menara Jamsostek berharap kedepannya event-event seperti ini bisa terus dilindungi.

Selain itu, para atlet di daerah juga dapat memperoleh perlindungan BPJamsostek secara mandiri dengan mendaftarkan diri menggunakan e-KTP di kantor/kanal-kanal resmi BPJamsostek terdekat.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.