Dark/Light Mode

Pemprov Jateng Pastikan Stadion Manahan Siap Digunakan Piala Dunia U-17 2023

Minggu, 5 November 2023 20:29 WIB
Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana (kiri) saat meninjau langsung kondisi infrastruktur dan sarana prasarana Stadion Manahan Kota Surakarta, Minggu (5/11/2023). (Foto: Pemprov Jateng)
Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana (kiri) saat meninjau langsung kondisi infrastruktur dan sarana prasarana Stadion Manahan Kota Surakarta, Minggu (5/11/2023). (Foto: Pemprov Jateng)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah memastikan Stadion Manahan Kota Surakarta siap digunakan untuk ajang kompetisi Piala Dunia U-17 2023, yang akan berlangsung pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

Kepastian itu, setelah Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana meninjau langsung kondisi infrastruktur dan sarana prasarana Stadion Manahan Kota Surakarta, Minggu (5/11/2023).

Tiba di Stadion Manahan, Nana disambut perwakilan dari FIFA, Kohli Sunny selaku management venue.

Baca juga : Pj Gubernur Agus Fatoni Bagikan Bantuan Makanan untuk Cegah Stunting di OKU

Setelah berbincang, Nana memeriksa sejumlah sarana prasarana, seperti ruang ganti atlet, ruang latihan dalam, ruang pelatih dan tim, serta tempat parkir.

Dikatakan Nana, kesiapan Stadion Manahan, yang berkapasitas 20 ribu penonton ini untuk menggelar FIFA World Cup U -17, sudah mencapai 96 persen. Pekerjaan di Stadion Manahan hanya menyisakan pekerjaan finishing.

"Untuk stadion dan sarana prasarana lain, siap untuk digunakan untuk pelaksanaan event ini, mulai 10 November," ujar Nana.

Baca juga : PTK Raih Penghargaan APSN Green Port Award System 2023

Lebih lanjut Nana menjelaskan, kesuksesan penyelenggaraan FIFA World Cup U-17 di Surakarta, akan membawa dampak positif bagi perekonomian Surakarta dan sekitarnya.

Menurutnya, dengan gelaran FIFA World Cup U-17 di Surakarta ini, diperkirakan UMKM akan tumbuh dan sektor pariwisata bakal bergeliat. Nana menegaskan, pertumbuhnya ekonomi di daerah itu juga akan menjadi penopang pula bagi terdongkraknya pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah.

"Multiplier effect inilah yang kita harapkan, dan ini akan sangat berpengaruh bagi masyarakat Surakarta dan sekitarnya," kata Nana.

Baca juga : Soekarno-Hatta Siapkan Fast Track untuk Timnas Peserta Piala Dunia U-17

Sementara itu, perwakilan dari FIFA, Kohli Sunny mengatakan, Stadion Manahan sudah siap untuk digunakan.

"Rumput stadion juga sudah memenuhi standar FIFA. FIFA merasa senang mendapat peluang menyelenggarakan pertandingan di Indonesia," ujar Kohli.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.