Dark/Light Mode

Dorong Bisnis UMKM, Omzet Barbershop Gedong Lewat Kredito Meningkat

Selasa, 21 November 2023 12:46 WIB
Adik Firdaus pemilik usaha potong rambut memangkas rambut pelanggan di Barbershop Gedong 1 miliknya di Kawasan Pasar Rebo, Jakarta, Senin (20/11/2023). (Foto: Parta Rizki Syahputra/Rakyat Merdeka/RM.id)
Adik Firdaus pemilik usaha potong rambut memangkas rambut pelanggan di Barbershop Gedong 1 miliknya di Kawasan Pasar Rebo, Jakarta, Senin (20/11/2023). (Foto: Parta Rizki Syahputra/Rakyat Merdeka/RM.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemilik Barbershop Gedong 1, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Adik Firdaus merasakan manfaat yang luar biasa dari pendanaan dari PT Fintek Digital Indonesia (Kredito) untuk menopang usahanya.

Adik mengaku bahwa dirinya mulai mendapatkan pinjaman sebesar Rp 4 juta hingga mencapai limit pinjaman tertinggi di angka Rp 18 juta.

"Itu tergantung track record (pembayaran utang). Karena kepercayaan itu, makanya Kredito menambahkan limit untuk pengguna seperti saya," kata Adik ketika ditemui di Barbershop Gedong 1, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Senin (20/11/2023).

Dari pendanaan itu, lanjut Adik, omzet usahanya mengalami kenaikan menjadi Rp 600-Rp 700 ribu dalam sehari saat weekday. Bahkan, tembus Rp 1 juta saat weekend.

Baca juga : Dukung Bisnis UMKM, Tokopedia Gencar Kembangkan Inisiatif Hyperlocal

"Kisaran kotor sebulan Rp 16 juta sampai Rp 17 juta. Kepotong operasional kontrakan, promo, karena persaingan lebih ketat," ungkapnya.

Terkait pinjaman di Kredito, Adik mengatakan bahwa keuntungan mengajukan pinjaman dana di tersebut adalah pencairan cepat dan bunga ringan. Sehingga, ia dapat meminjam sebanyak lima kali dalam sebulan.

"Bunga nggak ada potongan. Cepat ajukan dan cepat cair. Beberapa jam cair. Syarat juga. Penting terpenuhi syaratnya. Hingga (meminjam) empat sampai lima kali. Tergantung kebutuhan," imbuh nasabah Kredito sejak 2022 ini.

Terpisah, Direktur Kredito Daniel Soelistyo mengatakan bahwa pihaknya terus melakukan riset dan pengembangan produk serta model bisnis untuk memfasilitasi kebutuhan finansial UMKM.

Baca juga : Pro Kontra Putusan MK, Ketum GMKI: Sudah Final Dan Mengikat

"Tentunya dengan menawarkan kemudahan akses melalui teknologi dan meningkatkan peluang pendanaan dengan program kredit yang sesuai dengan kebutuhan UMKM di Indonesia," ucap Daniel.

Ia juga mengungkapkan, Kredito berupaya meningkatkan inklusi keuangan di kalangan UMKM melalui penyediaan produk-produk pendanaan, salah satunya melalui kerja sama dengan e-commerce guna memperluas jangkauan akses pendanaan berbasis teknologi bagi UMKM.

"Selain itu, Kredito juga senantiasa melakukan berbagai program Literasi Keuangan untuk mendukung pemahaman UMKM dan masyarakat luas tentang manfaat pendanaan digital oleh Fintech," jelas dia.

Sejak 2022 hingga saat ini, Daniel menyatakan, Kredito telah menyalurkan pendanaan sektor produktif sebesar Rp 170 miliar.

Baca juga : Perkuat Bisnis UMKM, BNI Gandeng Bank Asal Jepang dan Korea di AIPF 2023

"Namun kalau dari awal tahun 2023 sampai Q3 ini, jumlah pendanaannya kurang lebih sekitar Rp 90 miliar," pungas Daniel.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.